Suksesi

Pekan Ini, Rajiun Deklarasi Maju Pilkada Mubar

La Ode Rahmat Apiti

KENDARI, BKK – Pekan ini, Minggu (24/7), Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) akan memantapkan diri untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Pemantapan maju ini akan ditandaia dengan pelaksanaan deklarasi yang akan dilaksanakan di Desa Guali Kecamatan Kusambi pukul 10.00 Wita.

“Sekarang, masih deklarasi tunggal. Untuk wakil, kita masih sementara survei. Siapa yang paling tertinggi, itu akan kita jadikan wakil,” terang juru bicara Tim Rajiun Center La Ode Rahmat Apiti, Minggu (17/7).

Rahmat menambahkan, dalam persiapan deklarasi hingga hari H nanti, tidak akan melibatkan birokrasi. Rajiun, kata Rahmat, telah mewanti-wanti kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak melibatkan diri.

“Pak Rajiun tidak ingin ada politisasi birokrasi di sini. Tim Rajiun Center, inginkan pesta demokrasi ini dalam ranah politik santun dan beradab. Untuk itu, siapa pun calon lain, patut menghargai ini,” katanya.

Menurut dia, deklarasi ini atas desakan tokoh masyarakat dan berbagai kalangan. Mayoritas masyarakat menghendaki Rajiun untuk segera mendeklarasikan diri.

“Karena, masyarakat belum yakin maju bila belum deklarasi,” ujarnya.

Rencananya, Tim Rajiun Center akan menghadirkan sekitar 20 ribuan masyarakat Mubar dalam deklarasi ini. Di awal, sudah ada sebanyak 7800 orang yang terhitung dari 78 desa, masing-masing akan dihadirkan 100 massa.

“100 orang perdesa ini adalah jumlah konsolidasi awal kita kemarin. Rencananya, kita akan hadirkan 20 ribu orang untuk menyaksikan langsung deklarasi Rajiun,” paparnya.

Berkait partai, kata dia, hingga saat ini Rajiun sudah menjalin komunikasi beberapa partai. Di antaranya, Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Yah, semua partai yang buka pendaftaran kita mendaftar. Sekarang, sementara loading. Kita prediksi, sudah sekitar 90 persen konsolidasinya,” tutupnya. (pas)

To Top