Mahasiswa Jurusan Gizi Gelar Pameran – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Mahasiswa Jurusan Gizi Gelar Pameran

KENDARI, BKK – Bakti Husada Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kendari Jurusan Gizi mengadakan Pameran Gizi di pelataran Eks MTQ Kendari, Sabtu (16/7).
Pameran gizi ini, dilaksanakan selama dua hari yakni 16-17 Juli 2016.
Kordinator Matakuliah Pendidikan dan Konsultasi Gizi (PKG) Poltekes Kendari, Risma Saki mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat Kota Kendari bahwa Jurusan Gizi sudah ada di Kendari.
Dalam pameran tersebut bagi masyarakat yang melakukan konsultasi kesehatan gizi digratiskan.
“Selain itu, kegiatan pameran kesehatan ini merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa Jurusan Gizi yakni mata kuliah pendidikan dan konsultasi gizi, yang salah satu tuntutannya adalah mahasiswa harus bisa membuat pameran tentang gizi,” ungkap Risma, Sabtu (16/7).
Risma melanjutkan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, namun baru kali ini dilaksanakan di luar gedung. Langkah ini, kata dia, sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya gizi dan promosi Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kendari.
“Dalam pameran tersebut hanya ada tiga stand yakni gizi masyarakat, gizi klinik, dan gizi pangan, dan semua yang disajikan dalam pameran ini kurang lebih dalam bentuk pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kolekstrol, asam urat, gula dara, konsultasi gizi, dan penilaian status gizi,” sebutnya.
Sementara itu, salah satu rekannya Rita Irma MP MPH menambahkan, dengan pameran ini, pihaknya berupaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang gizi dan kesehatan di Kota Kendari.
“Dalam pameran ini juga kami menampilkan produk-produk pangan dan gizi yang sebagian besar merupakan hasil penilitian yang dilakukan oleh mahasiswa,” katanya.
Produk tersebut, bisa dijadikan sebagai bahan intervensi dalam menangani masalah gizi yang ada di Kota Kendari.
“Adapun produk yang disediakan dalam pameran ini adalah susu jagung yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, puding ubi jalar, kulit pisang yang mengandung banyak kalsium dan serat, tepung dari daun kelor yang bisa diolah menjadi kue dan siomai,” paparnya.
Mahasiswa yang terlibat dalam pameran ini adalah mahasiswa tingkat dua yang memprogramkan mata kuliah gizi yang dibantu oleh dosen gizi.
“Kegiatan ini bisa terlaksana berkat sumbangsi yang diberikan oleh pihak Rektorat Bakti Husada Kendari yang telah memberikan sokongan dana,” tuturnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top