KPUD Kolut Selesaikan Tes Wawancara Calon Anggota PPK – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

KPUD Kolut Selesaikan Tes Wawancara Calon Anggota PPK

Ketua KPUD Kolut, Asriadi Budiwan saat melakukan tes wawancara. (Mansiral Usman/BKK)

LASUSUA, BKK – Persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka Utara (Kolut), Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar tahun 2017 mendatang, terus dilakukan hingga saat ini sesuai tahapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Utara telah menyelesaiakn tes wawancara perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dalam tes wawancara yang digelar selama tiga hari sejak Jumat (15/7) sampai dengan Minggu (17/7) kemarin, KPUD Kolut membagi tiga zona. Sebelumnya KPUD menerima calon PPK sebanyak 270 orang lebih pendaftar yang telah dites tertulis dan meluluskan 150 orang yang berhak mengikuti tes wawancara.

Ketua KPUD Kolut, Asriadi Budiwan SSos yang ditemui mengatakan 150 orang yang mengikuti tes wawancara merupakan hasil tes tertulis dari 270 orang yang nilainya masuk 10 besar setiap kecamatan.

“Dari hasil tes tertulis, telah diperoleh 10 orang setiap kecamatan yang mengikuti tes wawancara yang selanjutnya dari tes wawancara ini akan direkrut PPK sebanyak 5 orang setiap kecamatan. Dari 15 kecamatan yang ada di Kolaka Utara PPK berjumlah 75 orang,” kata Asriadi, Minggu (17/7).

Menurut Asriadi, selain telah menyelesaikan tes wawancara PPK, KPUD Kolut juga telah menyelesaikan tes wawancara PPS dan dari  600 lebih pendaftar untuk PPS dari 15 kecamatan. KPUD hanya merekrut 3 orang setiap desa.

“Tes wawancara PPK hanya seputar kompentensi tentang kepemiluan dan integiritas yang dimiliki dan untuk perekrutan 199 PPS di 133 desa dan kelurahan. PPS tidak di berikan tes tertulis hanya tes wawancara,” ujar Asriadi.

“Badan ad hoc inilah nanti yang akan membantu kerja KPU dalam melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Kolut tahun 2017,” jelasnya.

Asriadi menegaskan badan ed hoc yang telah melalui tahapan dan dinyatakan lulus akan melakukan tugas penyelegaraan pemilu dengan propesional dan mengedepankan aturan perundang-undangan. (k2/c/jie).

Click to comment
To Top