Jurusan Perhotelan SMKN 3 Kendari Butuh Fasilitas Praktik – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Jurusan Perhotelan SMKN 3 Kendari Butuh Fasilitas Praktik

KENDARI, BKK – Jurusan Perhotelan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari kerap menorehkan berbagai prestasi gemilang. Namun, fasilitas di sekolah ini belum sepenuhnya mendukung pengembangan kualitas siswanya.
Sudah lama, sekolah ini dijanjikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk dibangunkan sarana dan prasarana hotel sebagai tempat praktik.
Ketua Jurusan (Kajur) Perhotelan SMKN 3 Kendari Taty Hasrawati Asana SPar mengatakan, beberapa tahun lalu SMKN 3 Kendari telah memiliki fasilitas tempat untuk praktik seperti hotel dengan lima kamar yang telah dikelola dengan baik oleh pihak sekolah.
“Sejak lokasi SMKN 3 Kendari dipindahkan, hotel training yang sudah lama kami kelola dengan baik akhirnya berpindah tangan dan hingga saat ini kami belum mendapatkan tempat serupa. Beberapa SMK jurusan perhotelan di kabupaten lain memiliki fasilitas hotel tempat dimana siswa melakukan praktik, sementara di SMKN 3 Kendari tidak memiliki. Padahal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi siswa,” ungkapnya ditemui, Sabtu (16/7).
Jurusan perhotelan, lanjut dia, SMKN 3 Kendari adalah sekolah pertama dan satu-satunya di Kota Kendari. Sehingga, setiap lulusan dapat terserap dengan baik di dunia industri. Saat ini, jumlah siswa sekitar 100 orang dengan satu ruangan tempat praktik yang tersedia jelas tidak dapat memadai seluruh peserta didik.
“Meski dengan fasilitas terbatas yang dimiliki, Jurusan Perhotelan SMKN 3 Kendari tetap mampu mengukir prestasi. Kami selalu dilibatkan pada kegiatan-kegiatan pameran oleh Pemkot Kendari serta menjurai Lembaga Kegiatan Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Sultra dan beberapa kali kami mewakili Sultra ke ajang nasional. Selain itu, lebih kurang 13 hotel juga telah kita gandeng untuk meningkatkan mutu lulusan,” paparnya.
Ia berharap, Pemkot Kendari dapat membantu dalam peningkatan mutu sarana dan prasarana penunjang kegiatan tempat praktik jurusan favorit tersebut.
“Jurusan perhotelan merupakan salah satu jurusan favorit di SMKN 3 Kendari. Kami berharap, semoga Pemkot Kendari mau membantu dalam mengadakan ruang tempat praktik,” harapnya. (p5/c/pas)

Click to comment
To Top