Pasar Murah Tak Pengaruhi Harga Beras – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Pasar Murah Tak Pengaruhi Harga Beras

NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI Salah seorang pedagang menjajakan beras di Pasar Basah Mandonga Kendari, Rabu (13/7). Pasar murah jelang lebaran lalu tidak mempengaruhi harga beras di pasaran.

NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI
Salah seorang pedagang menjajakan beras di Pasar Basah Mandonga Kendari, Rabu (13/7). Pasar murah jelang lebaran lalu tidak mempengaruhi harga beras di pasaran.

KENDARI, BKK– Pasar murah yang digelar beberapa waktu lalu oleh pemerintah salah satunya menjual beras dengan harga murah. Ternyata, harga beras di pasaran tidak terpengaruh dengan adanya pasar murah tersebut.

Sejumlah pedagang di pasar umum menyatakan harga beras di pasaran tidak berpengaruh karena beras yang dijual di pasar murah tersebut kualitasnya di bawah beras yang dijual di pasaran. Apalagi, pasar murah tersebut memang ditujukan kepada masyarakat ekonomi ke bawah.
Salah seorang pedagang beras di Pasar Basah Mandonga Kendari, Tri mengatakan, pasar murah sama sekali tidak mempengaruhi harga di pasaran karena adanya perbedaan kualitas produk.
“Meskipun pemerintah menggelar pasar murah kami tetap menjual harga beras seperti harga yang biasanya,” ungkap Tri kepada Berita Kota Kendari, Rabu (13/7).
Sampai saat ini, harga beras kepala dijual Rp 50 ribu per 5 kilogram. Untuk 25 kilo Rp 225 ribu dan 50 kilo seharga Rp 430 ribu.
Informasi yang diterima Tri, adapun beras yang dijual pada pasar murah tersebut merupakan beras dari Bulog. Berbeda dengan beras di pasaran yang rata-rata jenis kepala, insinyur dan beras premium yang memang harganya di atas beras Bulog.
“Andaikan yang dijual murah itu beras premium atau beras kepala seperti yang kita jual, jelas bisa berpengaruh dengan harga beras di pasaran. Sebab orang pasti akan lari ke pasar murah. Mau tak mau pedagang beras di pasar akan menurunkan harga,” kata Tri.
Salah seorang penjual beras di pasar Anduonuhu, Sulaeman juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, tidak ada perubahan harga beras di pasaran karena pasar murah beberapa waktu lalu.
“Beras itu ada kelasnya. Orang beda-beda seleranya. Jadi itu yang membuat harga beras di pasaran tetap tidak dipengaruhi,” katanya.
Dia mengakui, saat Ramadhan harga beras sempat turun, namun itu bukan karena pengaruh pasar murah. Melainkan karena sepinya pembeli yang memang sudah sering terjadi di pertengahan Ramadhan. (m3/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top