Mustahil Bisa Sejahterahkan Orang! – Berita Kota Kendari
Suksesi

Mustahil Bisa Sejahterahkan Orang!

Rusda Mahmud

KENDARI, BKK – Kandidat bakal calon Gubernur Sultra, Rusda Mahmud mengaku belum terlalu intensif melakukan sosialisasi. Sejauh ini Bupati Kolaka Utara itu hanya memenuhi undangan acara saja di beberapa wilayah di Sultra.

“Namanya diundang acara wajib kita datang. Tetapi konteksnya bukan sosialisasi Pilgub. Toh juga momennya masih lama. Jadi kalau saya ke daerah-daerah jangan dibilang sosialisasi Pilgub, itu undangan acara saya penuhi,” katanya, belum lama ini.

Rusda sendiri memang membatasi diskusi pilgub dengan kalangan insan pers. Dirinya khawatir setiap pernyataannya salah diterjemahkan sehingga melahirkan kesan berbeda dari publik.

“Sering kok teman-teman wartawan tanya saya seputar kesiapan ikut pilgub. Bukan saya tidak mau menjawab panjang. Sederhana saja alasan saya, Pilgub masih jauh jadi ndak usah buru-buru sosialisasi,” terangnya.

Pertanyaan lain yang kerap tidak ditanggapi adalah soal konsep ketika menjadi Gubernur Sultra. Menurutnya, seorang figur jangan bombastis mengobral janji-janji program. “Yang namanya program pembangunan harus sesuai aturan resmi. Mekanisme perumusannya jelas. Kalau ngomong sekarang itu bohong kesannya,” kata dia.

Terlebih, lanjut dia, ada figur berjanji akan mensejahterahkan semua orang. Itu dianggap omongan bombastis dan berlebihan. “Saya tanya Sekda, bapak merasa sejahterah ndak sekarang, dijawab belum. Di Kolaka Utara indeks kesejahteraan saya akui masih nol. Yang pasti cuma indeks kepuasan dengan rasa syukur,” jelasnya.

Namun, Rusda Mahmud tidak menampik bahwa membangun itu harus memiliki filosofis. Membangun Kolut misalnya, nuansa filosofisnya ada pada bangunan kantor pemerintahan, masjid dan perpustakaan.

“Bangunan infranstruktur itu bersentuhan dengan pelayanan optimal pada masyarakat, masalah integritas dan moral serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Itu loh filosofisnya,” katanya. (bs)

Click to comment
To Top