Kehadiran Pegawai Konsel Dievaluasi – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kehadiran Pegawai Konsel Dievaluasi

Ilustrasi

ANDOOLO, BKK – Melalui tim evaluasi yang terdiri dari Inspektorat Wilayah Kabupaten Konsel, Bagian Ortala, dan Satpol PP maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konsel kembali melakukan evaluasi kepada seluruh pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Konsel.

Plt Kepala BKD Konsel, Yuliana, Rabu (13/7), mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi ketat terhadap data-data kinerja pegawai, yang diantaranya melalui penggunaan daftar hadir pegawai, yang kemudian dilanjutkan dengan pemantauan lapangan, serta pengambilan keterangan dari atasan masing-masing.

Dia mengakui, evaluasi terperinci tersebut dilakukan sebelum akhirnya masuk pada tahap pemberian sanksi, yang akan diumumkan pada bulan depan, tepatnya Agustus Tahun 2016, oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga. Baik itu berupa sanksi ringan berupa teguran hingga penurunan pangkat maupun sanksi berat yakni pemecatan sebagai pegawai negeri.

“Saat ini kami betul-betul melakukan evaluasi terhadap kinerja, guna meningkatkan kedisiplinan pegawai yang kemudian bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan disegala bidang di Kabupaten Konsel sebab bagaimana mungkin bisa berkinerja dengan baik, jika masuk kantor hanya sesekali dalam satu minggu,” harapnya.

Dia mengungkapkan, evaluasi hingga pemberian sanksi tegas tersebut kepada pegawai juga dalam rangka mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan tidak berkantor saat menjelang akhir pekan.

“Semangat Bupati Konsel saat ini adalah bagaimana merubah kebiasaan pegawai yang kerap tidak masuk berkantor lagi jika sudah menjelang Hari Kamis apalagi Hari Jumat. Olehnya, dari hasil evaluasi kemarin baik itu berupa pemecatan hingga pemberian sanksi kepada 62 pegawai, kami melihat mulai ada peningkatan kedisiplinan pegawai cukup signifikan,” akuinya.

Dia pun berharap agar melalui evaluasi tersebut, para pegawai di lingkup Pemkab Konsel dapat meningkatkan kedisiplinannya sehingga tidak terjaring pada pemberian tindakan pada Bulan Agustus mendatang.

Terkait jumlah pegawai yang terjaring evaluasi kedisiplinan tersebut, Plt Kepala BKD Konsel ini belum memberikan rincian secara pasti, sebab diakuinya semua masih dalam tahap proses, diantaranya berupa pengamatan secara mendetail dan terperinci, mengingat hal tersebut nantinya berkenaan dengan nasib pegawai bersangkutan, sehingga tidak boleh gegabah dalam penerapannya. (k8/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top