Proyek Pelebaran Jalan Depan Kampus UHO Mulai Dikerja, Terancam Digusur, Pemilik Kios Aksi di DPRD – Berita Kota Kendari
Beranda

Proyek Pelebaran Jalan Depan Kampus UHO Mulai Dikerja, Terancam Digusur, Pemilik Kios Aksi di DPRD

Pengerjaan jalan dua jalur depan kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang kini mulai dikerja, Selasa (12/07). (Foto: Sahrul/BKK)

Pengerjaan jalan dua jalur depan kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang kini mulai dikerja, Selasa (12/07). (Foto: Sahrul/BKK)

KENDARI, BKK – Pengerjaan jalan dua jalur depan kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang kini mulai dikerja menimbulkan reaksi sejumlah pemilik kios dengan melakukan demonstrasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Selasa (12/7).

Para demonstran meununtut biaya ganti rugi atas klaim lahan yang digunakan dalam menjalankan usaha, serta penundaan pembongkaran kios sebelum lahan baru disiapkan.
“Kami minta ganti rugi lahan yang kita tempati sekarang dan pemerintah harus menyiapkan lahan baru, agar kami bisa tetap melanjutkan usaha yang sudah kami geluti,” terang Awal salah seorang perwakilan demonstran ditemui di gedung DPRD.
Menaggapi hal ini, Ketua Komisi I La Ode Ali Akbar menjelaskan, komplain para pemilik kios tidak berdasar, sebab lahan yang digunakan atau dimanfaatkan para pedagang saat ini, merupakan milik pemerintah seutuhnya (mulai dari pos polisi hingga samping pertanahan).
“Tanah itu milik pemerintah, kemarin dibiarkan ditempati masyarakat untuk membuka usaha, karena saat itu belum dimulai pegerjaan jalan. Sekarang pengerjaan jalan sudah dikerja, seharusnya mereka mengerti dan membongkar sendiri kiosnya tanpa harus menuntut banyak,” jelasnya.
Lagi pula, lanjut dia, pembuatan dua jalur jalan depan kampus UHO manfaatnya sangat banyak dan dapat dirasakan semua orang, sehingga tidak perlu mempersulitnya dengan komplain yang tidak berdasar.
“Kalau jalan ini sudah selesai dikerja, yang rasakan manfaatnya kita sendiri dan para generasi selanjutnya, jadi untuk apa dicarikan lagi kendala-kendalanya,” tukas Iwan Kambara sapaan akrabnya.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Tigor dikonfirmasi melalui selulernya membenarkan adanya pengerjaan jalan dua jalur depan kampus baru UHO dengan anggaran mencapai Rp 15 milyar diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
“Mulai hari ini (Selasa, red) kita sudah mulai pengerjaan pelebaran jalan depan kampus baru UHO, dan tidak ada kendala,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top