Dikmudora Baubau Pastikan Tidak Ada Ospek Siswa Baru – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dikmudora Baubau Pastikan Tidak Ada Ospek Siswa Baru

BAUBAU, BKK – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Baubau memastikan tidak akan ada sekolah di Kota Baubau, yang akan menggelar ospek kepada para siswa baru di tahun ajaran 2017/2017 ini.

Kepala Dikmudora Baubau, H Masri ketika ditemui, Selasa (12/07) menuturkan, dirinya sudah menggelar rapat bersama seluruh kepala sekolah untuk tidak lagi ada kegiatan terhadap siswa baru yang bernama ospek atau Masa Orientasi Siswa (MOS).

Masri menyebut, Pemerintah Kota Baubau juga akan mentaati petunjuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no 18 tahun 2016 yang melarang sekolah menggelar MOS. Kini MOS diganti dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

“Intinya supaya di sekolah jangan terjadi lagi praktek perpeloncoan, sehingga dirubahlah itu MOS menjadi PLS,” tuturnya.

Kegiatan yang akan dilakukan di sekolah-sekolah nanti kata Masri, para siswa baru akan dikenalkan dan diajarkan bagaimana cara bergaul di lingkungan sekolah baru, bagaimana cara mengikuti pelajaran, memilih ekstrakulikuler. Siswa juga nanti akan diajarkan dan dituntun untuk menciptakan suasan kondusif di sekolah dengan cara mematuhi segala aturan.

“Iya, semua itu guru yang berperan, beda dengan dulu, siswa senior dilepas, sekarang tidak boleh,” tuturnya.

Dia juga berjanji akan memberi sanksi kepada para kepala sekolah yang masih membiarkan praktek perpeloncoan terjadi kepada para murid baru. Sanksi itu kata dia akan sesuai dengan tingkat kesalahan nanti.

Anggota DPRD Baubau, La Ode Murhanto juga sepakat dengan aturan Permendikbud yang baru tersebut. Kata dia, ospek yang selama ini dilakukan di sekolah kepada para siswa baru memang tidak tepat dan terkesan tidak mendidik. Aturan itu kata dia, harus diikuti dan dilaksanakan dengan baik dan benar.

“Iya kita setuju aturan baru itu, kita juga akan pantau terus,” katanya singkat. (k2/c/jie)

Click to comment
To Top