Aktualita

Tina Nur Alam Berharap Komjen Tito Karnavian Memperbaiki Citra Polri

Tina Nur Alam memberikan selamat dan menyalami dengan hanya kepada Komjen Tito Karnavian usai pelaksanaan fit and propertest di Komisi III DPR. (foto: ist)

Tina Nur Alam memberikan selamat dan menyalami dengan hanya kepada Komjen Tito Karnavian usai pelaksanaan fit and propertest di Komisi III DPR. (foto: ist)

KENDARI, BKK – Komisari Jenderal Pol Tito Karnavian resmi disetujui menjadi Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Kamis (23/3) lalu. Selanjutnya Komjen Pol Tito Karnavian menunggu jadwal pelantikan dari Presiden Jokowi.
Anggota Komisi III DPR Fraksi PAN asal Sultra, Hj Tina Nur Alam SE MM berharap Kapolri baru bisa membawa perubahan di internal kepolisian maupun dalam konteks penegakan hukum, sehingga citra kepolisian di masyarakat akan semakin baik.
“Kami berharap agar Pak Tito Karnavian melakukan pembenahan secara internal sehingga menjadi institusi polisi rakyat yang dicintai masyarakat,” kata Tina Nur Alam kepada jurnalis Harian Berita Kota Kendari di Kendari, Selasa (28/6).
Karena reformasi di internal kepolisian menurut Tina sangat perlu dilakukan, dengan mengubah mindset pelayanan kepada masyarakat, begitu juga dalam penegakan hukum.
“Saya kira dengan jenjang pengalamannya selama ini. Pernah menjabat Kapolda Papua, di Kadinsus, sehingga cukup banyak pengalaman yang diperoleh. Tinggal implementasinya saja. Karena masalah identifikasi di internal sudah sangat paham dalam mencari jalan keluarnya,” papar mantan anggota Komisi VI ini.
Dalam posisi sebagai isntitusi penegak hukum, kata Tina, Polri harus menjadi institusi yang mengayomi dan menegakan hukum secara adil.
Tina juga berharap, agar Tito bisa meningkatkan hubungan dengan seluruh institusi penegak hukum, termasuk KPK, sehingga tidak terjadi pada Kapolri-Kapolri yang sebelumnya.
Terkait dengan adanya kasus terorisme, Tina yang juga Ketua Dekranasda Sultra berharap polisi bisa mengatasi deteksi dini ancaman terorisme, sehingga bisa menghadirkan rasa aman kepada masyarakat.
“Komjen Tito adalah polisi yang rekam jejaknya terukur semenjak dari pangkat bawah. Jadi menurut saya, beliau memiliki kapasitas untuk memimpin Polri. Tidak ada keraguan bagi kami untuk memilih Pak Tito,” sebutnya.
Terkait untuk kepentingan masyarakat Sultra kembali menegaskan apa yang pernah diungkapkan sebelum pelaksaan fit and propertest bahwa Komjen Tito Karnavian agar lebih memperhatikan Sultra dan kawasan Timur Indonesia. Perhatian yang dimaksud Tina Nur Alam diantaranya rekruitmen taruna Akademi Kepolisian (Akpol), peningkatan fasilitas dan sarana prasarana, serta peningkatan kapasitas anggota agar lebih profesional dalam menjalankan tugas.
“Selama ini dari Sultra yang lulus setiap tahun paling banyak lima orang, selalu didominasi dari Jawa. Janganlah ada diskriminasi, karena semua itu adalah putra-putra terbaik Indonesia, dan saya yakin putra-putra dari Sultra dan Indonesia Timur juga cerdas-cerdas tidak kalah dengan dari Jawa,” kata Tina.
Dia juga mengharapkan Kapolri baru bisa meningkatkan fasilitas baik sarana prasarana perkantoran maupun fasilitas pengamanan. Karena saat ini masih ada beberapa kabupaten di Sultra yang belum memiliki kantor Polres.
Usai pelaksanaan fit and propertest di Komisi III, sebagai anggota Komisi III, Tina Nur Alam memberikan selamat dan menyalami dengan hanya kepada Komjen Tito Karnavian.(lex)

To Top