Aneka

Kesiapan Mudik, Dishub Pastikan Angkutan Siap

img-0823

KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan tidak ada hambatan dalam pelaksanaan mudik tahun ini.
Kepala Dishub Sultra Hado Hasina mengatakan, selama ini yang menjadi kekhawatiran adalah lonjakan pemudik, khususnya di Pelabuhan Torobulu-Tampo. Namun, dengan beroperasinya pelabuhan Amolengo-Labuan, kepadatan di Torobulu-Tampo bisa terurai. Pelabuhan Amolengo-Labuan diprediksi akan mengangkut seluruh penumpang dari Kendari ke Buton Utara, Baubau dan Buton.
“Saat ini banyak alternatif untuk mudik. Kuncinya sekarang, Amolengo-Labuan. Dulu kita membayangkan konsentrasi di laut. Sekarang, banyak gunakan moda angkutan darat. Namun, kita pastikan tidak ada masalah,” terang Hado Hasina di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (28/6).
Ia melanjutkan, tidak ada penambahan armada untuk tahun ini khusus darat dan laut. Namun untuk udara, Lion Air belum lama ini menambah dua unit Batik Air.
“Armada memang tidak bertambah, tapi kita pastikan lebaran tahun ini tidak ada masalah,” ungkapnya.
Meski demikian, Pemprov Sultra tetap siaga. Setidaknya, Dishub Sultra telah berkoordinasi dengan Angkatan Laut (AL) dan beberapa instansi terkait untuk pengamanan mudik. Dia menyebut TNI AL siap menyiagakan sepuluh kapalnya.
“Ada lebih sepuluh alat angkut yang siaga boleh dicek di AL. Nanti dioperasikan bila ada masalah di lapangan,” sebutnya.
Untuk angkutan darat, ada 2.000 transportasi umum yang dikerahkan oleh 19 perusahaan. “Jumlah ini tidak bertambah namun saya kira transportasi darat sudah memadai melayani penumpang yang mudik,” katanya.
Dishub juga telah membangun Posko Mudik Bersama di beberapa titik untuk mengantisipasi kerawanan di jalan raya. Posko tersebut siap melayani pengguna jalan raya yang mengalami masalah.
“Bagi warga yang menemukan masalah, silahkan langsung melapor ke posko,” tambahnya.
Khusus udara, jumlah armada yang disiapkan beberapa maskapai sudah mencukupi. Kalaupun terjadi lonjakan penumpang, Garuda Indonesia telah siap untuk menambah armadanya.
“Puncak kan pada H-3 lebaran, kemungkinan Garuda akan ditambah kalau memang banyak penumpang. Sekarang juga sudah beroperasi Batik Air dan ini sangat menguntungkan kita. Sekarang, kan warga sudah bisa pulang pergi ke Jakarta,” tuturnya. (pas/aha)

To Top