Lingkar Sultra

H-4 Idulfitri, Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Baubau

ydQAZ09GVK

BAUBAU, BKK – Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Murhum Baubau, Marlent Manurung memperkirakan, puncak arus mudik yang terjadi di Pelabuhan Murhum Kota Baubau akan terjadi H-4 menjelang Lebaran Idulfitri 1437 H. Untuk mengantisipasi hal itu, dia telah menyiagakan seluruh pesonil UPP Murhum Baubau.

“Antara H-4 dan H-5 ya, bisa mencapai 5.000 lebih penumpang,” tuturnya ketika ditemui di Pelabuhan Murhum Baubau, Selasa (28/06).

UPP Murhum Baubau juga melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan membagi dua jalur naik dan turun untuk para penumpang. Penumpang yang akan berangkat tidak dibolehkan masuk ke dalam dermaga sebelum seluruh penumpang yang tiba turun. Hal itu berlaku untuk penumpang kapal antar pulau maupun penumpang kapal Pelni.

“Contohnya saja hari ini, ada 3.000 penumpang yang turun, kalau yang naik ada 1.500 orang,” katanya.

Selain memberlakukan rekayasa penumpang naik dan turun, pihaknya juga memberlakukan jalur lain khusus untuk penumpang antar pulau, dan antar kabupaten, misal yang ke Wakatobi, Kabupaten Bombana maupun yang ke Kabupaten Muna dan Kota Kendari

Kendala yang dialami pihaknya dalam mengatur lalu lintas di pelabuhan, kebanyakan disebabkan oleh para pengantar yang memaksa masuk ke dalam areal dermaga. Padahal pihaknya sudah melarang pengantar maupun penjemput untuk masuk, demi alasan keamanan dan kenyamanan.

“Saya mengimbau untuk pengantar dan penujemput jangan memaksakan diri naik ke kapal. Karena kita antisipasi oknum tak bertanggung memanfaatkan hal itu,” paparnya. (k2/c/jie)

To Top