Maju Pilgub, Hugua Minta Dukungan Arhawi – Berita Kota Kendari
Suksesi

Maju Pilgub, Hugua Minta Dukungan Arhawi

Hugua

Hugua

KENDARI, BKK – Maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hugua mengaku akan meminta dukungan Bupati Wakatobi terpilih Arhawi. Dia memastikan persaingannya dengan Arhawi saat Pilkada Wakatobi sudah tuntas.

Ditemui usai menggelar buka puasa bersama di kediamannya, Minggu malam (26/6), Hugua menyebut Arhawi sebagai sahabatnya. “Sudah pasti minta dukungan kepada pak Arhawi maju Pilgub. Arhawi adalah sahabat saya. Seperti kata pepatah, satu lawan itu banyak, seribu sahabat terlalu sedikit,” ungkapnya.
Di Pilkada Wakatobi sebelumnya, Hugua dengan PDIP melawan Arhawi yang didukung PAN. Saat itu, PDIP mengusung pasangan Haliana-Muhammad Syawal. Namun, mereka harus mengakui keunggulan Arhawi-Ilmiati Daud.
Hugua memastikan pertikaian politik sebelumnya tidak akan terjadi setelah Arhawi menjabat Bupati Wakatobi. Hugua menekankan, partainya tidak akan bertindak sebagai opisisi.
“Tidak lah (oposisi). Kita akan bertindak sebagai partner saja. Tidak ada dalam konstitusi namanya oposisi,” katanya.
Dia juga menegaskan hubungannya dengan Arhawi baik-baik saja.
“Kita tidak pisah ranjang dan ini hanya mengakhiri masa jabatan. Hubungan kami baik-baik saja,” jelasnya.    Hari ini, (28/6), Hugua akan melepaskan jabatannya sebagai Bupati Wakatobi selama dua periode. Ia digantikan oleh mantan wakilnya, Arhawi yang berpasangan dengan Ilmiati Daud.
Usai melepas jabatan, Hugua akan fokus kembali menjalankan usahanya sembari menghadapi Pemilihan Gubernur Sultra, dua tahun lagi.

Sementara itu, Bupati Wakatobi terpilih Arhawi menyatakan proses Pilgub masih ada waktu dua tahun untuk menggelar persiapan. “Kita juga sebagai kepala daerah akan mencermati dinamika dan perkembangan politik di Sultra, kira-kira siapa putra terbaik yang akan maju,” terang Arhawi, Senin (27/6).
Menurut Arhawi, dukungan tergantung komunikasi politik yang dilakukan dengan masing-masing kandidat Pilgub 2018. Arhawi sendiri, merupakan Ketua DPD PAN Wakatobi, sedangkan Hugua adalah Ketua DPD PDIP Sultra. Arhawi mengaku, masih akan melihat situasi politik bila diperhadapkan antara mendukunga kader di partainya atau mendukung Hugua. (pas/aha)

To Top