Hadiri Pelantikan Arhawi-Ilmiati Daud, 2.000 Warga Carter Empat Kapal – Berita Kota Kendari
Suksesi

Hadiri Pelantikan Arhawi-Ilmiati Daud, 2.000 Warga Carter Empat Kapal

Arhawi - Ilmiati Daud mengikuti gladi acara pelantikannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, di Ruang Pola Bahteramas, Pemprov Sulsel, Senin (27/6).

Arhawi – Ilmiati Daud mengikuti gladi acara pelantikannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, di Ruang Pola Bahteramas, Pemprov Sulsel, Senin (27/6).

KENDARI, BKK- Pelantikan Arhawi – Ilmiati Daud sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Selasa (28/6) hari ini dipastikan ramai dan semarak. Pasalnya, sekitar 2.000 warga Wakatobi dilaporkan sudah berada di Kendari untuk menghadiri acara pelantikan.

Informasinya, mereka bahkan menyewa empat kapal berkapasitas 400 penumpang. Pada Sabtu lalu, dua kapal yang mengangkut ribuan warga Wakatobi sudah berlabuh di Kendari. Minggu hingga Senin (27/6), ada lagi dua kapal tambahan yang dicarter.
Kapal pertama, ada sekitar 1000 penumpang yang terangkut. Sedang kapal kedua, sekitar 500 penumpang. Sehingga, totalnya sekitar 1.500 warga Wakatobi pada gelombang kedua yang datang ke Kendari.
Bupati Wakatobi terpilih Arhawi, tidak menampik informasi tersebut. Dia menganggap kedatangan masyarakat sebagai bentuk dukungan yang nyata atas kepemimpinannya.
Menurut dia, empat kapal tersebut memang telah disiapkan untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang ingin melihat langsung proses pelantikan dirinya. “Hampir kita tidak bisa bendung animo masyarakat ikut kegiatan ini. Seharusnya, jadwal dihadirkan baru hari ini. Tapi masyarakat sudah jauh hari datang ke Kendari,” ungkapnya usai menggelar geladi pelantikan di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Senin (27/6).
Soal langkah awal, Arhawi mengaku tidak memerlukan program 100 hari. Karena mereka dilantik pada pertengahan tahun ini, dia harus melihat dulu sisa anggaran 2016 untuk disesuaikan dengan visi misinya saat kampanye.
“Kita tinggal lanjutkan saja dan itu akan fokus memenuhi program awal yang akan kami bawa lima tahun ke depan,” katanya.
Arhawi memastikan tetap melanjutkan program Bupati Wakatobi sebelumnya, Hugua. Apalagi program pemerintahan di Wakatobi memang hanya fokus di kemaritiman, terutama kelautan, perikanan dan pariwisata.
“Hampir tidak ada bedanya dengan program sebelumnya. Biar dibolak-balik bagaimana Wakatobi ini, tidak bisa keluar dari program perikanan, kelautan dan pariwisata,” ungkapnya.
Apakah dia berencana merombak struktur pejabat di pemerintahannya? Soal itu, Arhawi tidak menyangkalnya. Namun dengan catatan, pergantian hanya berlaku bagi PNS yang membangkang terhadap keputusan Bupati atau Wakil Bupati Wakatobi.
“Perombakan itu tetap mengacu pada undang-undang. Aturan telah mengatur kita dalam rangka menyegarkan semua sumber daya di daerah. Nanti, sambil evaluasi dan menjalankan pemerintahan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.
Mengenai masyarakat Wakatobi yang terbelah dua dalam Pilkada, Arhawi yakin mampu kembali merekatkan mereka. Menurutnya, adalah wajar jika dalam Pilkada tercipta faksi-faksi.
“Itu hal biasa dalam politik. Politik punya dinamika dan dinamika itu sesuatu memperkaya khasanah kita. Dan ada momen terpenting untuk disampaikan ke masyarakat dan saatnya bersama-sama membangun daerah ini. Ke depan, kita akan memperbanyak silaturahim dengan masyarakat Wakatobi,” tuturnya.
Sementera itu, Wakil Bupati Wakatobi terpilih Ilmiati Daud mengaku, sudah siap secara lahir batin menyambut pelantikannya. Dalam pemerintahan nanti, Ilmiati akan tetap menjalankan tugasnya sebagai wakil Arhawi.
“Tidak ingin memposisikan diri yang lebih. Tetap pada posisi wakil,” ungkapnya.
Ilmiati juga sudah berkomitmen setia mendamping Arhawi selama memimpin daerah. Bahkan, ia optimis hingga 10 tahun ke depan.
Pasangan Arhawi-Ilmiati Daud akan dilantik langsung oleh Gubernur Sultra Nur Alam pada pukul 10.00, di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra.
“Undangan yang kami sebar sekitar 1.500-an. Seribu di dalam gedung dan 500 di luar,” tutur Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sultra La Ode Ali Akbar. (pas/aha)

To Top