Hadapi Arus Mudik Lebaran, KSOP Kendari Bentuk Tiga Posko Pemantau – Berita Kota Kendari
Beranda

Hadapi Arus Mudik Lebaran, KSOP Kendari Bentuk Tiga Posko Pemantau

Mas'ud Bustandi. (Nirwan/BKK)

Mas’ud Bustandi. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Menghadapi arus mudik lebaran 1437 H, pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari, sudah melakukan beberapa persiapan yang melibatkan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.
Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Lala dan Usaha Pelabuhan Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari, Mas’ud Bustandi S Sos kata dia persiapan yang dilakukan dalam menghadapi arus mudik lebaran adalah dengan membentuk tiga posko pemantauan yang dialokasikan ditiga titik pelabuhan.
“Tiga posko itu kami bentuk ditiga lokasi pelabuhan yakni di pelabuhan nusantara, pelabuhan feri serta pelabuhan perahu. Selain itu, persiapan yang kami lakukan dalam bentuk personil instansi terkait yakni jasa raharja yang berhubungan dengan kesiapan pelabuhan, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) terkait pengamanannya dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari sendiri,” ungkap Mas’ud Bustandi Kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) saat ditemui diruangannya Senin (27/6).
Dikatakannya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpangan dibanding pada arus mudik tahun kemarin, biasanya pada H-7 dan H+7 itu biasanya kegiatannya untuk lonjakan penumpang tidak seperti seperti mudik tahun kemarin. Sebab, sudah dibuka akses jalan pelabuhan Amorango sehingga penumpang akan terurai termasuk juga dipelabuhan feri.
“Lonjakan penumpang pada arus mudik bila dibandingkan dengan tahun kemarin biasanya terjadi pada H-7 dan H+7, namun lonjakannya tidak seperti mudik pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab, penumoang arus mudik akan terurai pada tiga lokasi pelabuhan,” terangnya.
Mengenai cuaca, lanjut dia, sejak dulu pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) yang selalu mengirimkan hasil prakiraan cuaca kepada pihak Syahbandar, yang nantinya data tersebut akan dikirimkan kepada pihak pelayaran. Dan bila cuaca tidak memungkinkan maka tidak ada keberangkatan, meskipun kapal tersebut dalam kondisi layak.
“Mengenai cuaca kami sudah berkoordinasi dengan pihak BMKG Kota Kendari yang secara rutin mengirimkan data prakiraan cuaca kepada kami, selanjutnya data itu akan kita kirimkan kepada pihak pelayaran. Jika memang cuaca buruk maka tidak dilakukan pemberangkatan,” ujarnya. (m3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top