Dishut Tegaskan Tidak Ada Pemukiman Di Tahura Nipanipa – Berita Kota Kendari
Beranda

Dishut Tegaskan Tidak Ada Pemukiman Di Tahura Nipanipa

KENDARI, BKK- Dinas Kehutan (Dishut) Sulawesi Tenggara (sultra) menegasakan, tidak adanya pemukiman di kawsan Taman hutan rakyat (Tahura) Nipa-nipa meski beberapa kelompok masyarakat telah melakukan cocok tanam di daerah tersebut.
Hal ini diungkapkan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Tahura Nipanipa Dishut Sultra, La Ode Yulardhi ditemui di ruangannya, Senin (27/6). Kata dia, di daerah tersebut hanya ada rumah singgah atau pondok yang dimanfaatkan masyarakat berteduh ketika bercocok tanam.
“Disana itu, tidak ada yang namanya pemukiman, hanya pondok yang dimanfaatkan masyarakat untuk berteduh ketika bercocok tanam dan tidak tinggal,” terangnya.
Ia melanjutkan, dibiarkannya warga melakukan aktifitas cocok tanam sebab pemerintah tidak ingin menciptakan konflik kepentingan antara masyarakat yang terlebih dahulu mengelolah hutan tersebut, sebelum terbentuknya UPTD Tahura.
“Pembiaran ini kami berikan dengan beberapa sarat, diantaranya masyarakat tidak boleh memiliki atau bermukim dikawasan tersebut dan dalam melakukan cocok tanam masyarakat mesti mendapatkan bimbingan,” jeloasnya.
Untuk itu, selain menegaskan tidak adanya pemukiman di Tahura Nipanipa yang merupakan kawasan hutan observasi, Dishut juga telah membentuk kelompok pembimbing masyarakat dalam bercocok tanam, dan kelompok itu saat ini telah jalan.
“Kita sudah punya kelompok, namanya lembaga world agroforestry centre (icraf), saat ini lembaga itu telah jalan, dan alhamdulillah sejauh ini belum ada kompalin dari masyarakat,” pungkasnya.(m2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top