Kasuistika

Periksa 30 Saksi, Tersangka Masih Nihil dalam Kasus Pencetakan Sawah Kabupaten Kolaka

pencetakan-sawah

KOLAKA, BKK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka telah memeriksa 30 orang saksi dalam kasus dugaan korupsi pencetakan sawah 2012 hingga 2014, namun kasus ini masih belum beranjak dari proses penyelidikan ke tahap penyidikan .

“‎Kami sudah memanggil 30 orang dalam kasus ini. Saat ini masih tahap penyelidikan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kolaka Jefferdian, akhir pekan lalu.

Jefferdian menyebut, beberapa saksi yang telah diperiksa itu salah antaranya adalah mantan Kepala Ddinas (Kadis) Pertanian Peternakan dan Holtikultura Kolaka Alva Talanipa, serta beberapa ketua kelompok tani yang ada di kecamatan Toari, Tanggetada, dan Polinggona.

Diketahui, pencetakan sawah tahun anggaran 2012 sampai 2014 memiliki rincian biaya Rp 10,5 juta per hektare. Munculnya masalah karena di Kecamatan Tanggetada kembali diusulkan proyek cetak sawah 2014, sementara baru saja mendapat bagian tahun lalu.

Anehnya yang diusulkan itu masih dalam obyek yang sama dengan tahun sebelumnya. Ada dugaan sawah milik masyarakat ikut diploting dalam laporan pertanggungjawaban.

Selain itu, beberapa nama petani yang dimasukkan ‎dalam daftar penerima bantuan adalah fiktif, atau bukan warga Desa Lamedai Kecamatan Tanggetada. (cr3/c/kas)

To Top