Menjelang Lebaran, Pelayaran Rute Kasipute-Kabaena Mulai Padat – Berita Kota Kendari
Aneka

Menjelang Lebaran, Pelayaran Rute Kasipute-Kabaena Mulai Padat

Penumpang dan pengendara antri menaiki KMP Madidihang, kapal Feri rute Kasipute-Kabaena dan Baubau, Minggu (26/6). (Foto: Ridha/BKK)

Penumpang dan pengendara antri menaiki KMP Madidihang, kapal Feri rute Kasipute-Kabaena dan Baubau, Minggu (26/6). (Foto: Ridha/BKK)

RUMBIA, BKK- Menjelang lebaran Idulfitri tahun ini, arus penumpang kapal penumpang rute Kasipute-Kabaena sudah mulai dipadati pemudik. Kondisi ini sudah berlangsung selama sepekan terakhir.

Pantauan koran ini, Minggu (26/6), jumlah penumpang yang hendak menyebrang di pulau Kabaena kian bertambah. Di Kapal Muatan Penumpang (KMP) Madidihang, Feri yang melayani penyeberangan ke Baubau-Kabaena-Kasipute, sudah terlihat padat.
Mahrun (27), seorang penumpang asal Kabaena mengakui harus antri selama berjam-jam karena padatnya jumlah penumpang. “Sudah mulai padat mi penumpang pak. Saya ke pelabuhan sekitar jam empat subuh. Saya takut turun agak siang jangan sampai motor saya tidak dimuat,” ujar Mahrun yang dikonfirmasi di Rumbia, kemarin.
Pria berpostur besar ini pun lega. Meski sempat antri berjam-jam, dia akhirnya bisa naik ke kapal tersebut.
Terpisah, perwakilan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bombana, Rahman membenarkan peningkatan penumpang sudah mulai terlihat sejak pekan lalu. Setiap hari, jumlahnya semakin tinggi.
“Jumlah penumpang meningkat hingga seratus persen dari hari-hari biasa, bahkan sejumlah kendaraan seperti kendaraan roda empat tidak bisa diseberangkan,” katanya.
Meski begitu, pria berkacamata ini berharap, kondisi tersebut dapat ditangani secara baik demi lancarnya arus mudik. Yang paling utama adalah keselamatan para penumpang.
“Kita berharap, seluruh pihak menjalani ketentuan agar tidak terjadi penumpukan penumpang yang bisa membahayakan pelayaran,” tukasnya.(cr2/b/aha).

Click to comment
To Top