BNNP Sultra Tes Urine Para Sopir – Berita Kota Kendari
Beranda

BNNP Sultra Tes Urine Para Sopir

Staf BNNP Sultra saat memeriksa urine para sopir angkutan luar kota, di Terminal Puuwatu, Sabtu (25/06). (Foto: ono/bkk)

KENDARI, BKK – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan tes urine terhadap para sopir angkutan luar kota lintas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (25/6), di beberapa terminal dalam Kota Kendari.
Tim BNNP Sultra yang dipimpin langsung Kepala BNNP Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Faudzan Jamal, memulai kegiatannya sejak pagi di Terminal Puuwatu. Di sana, sejumlah sopir terpaksa harus menyisihkan sedikit urine-nya untuk diperiksa. Usai Terminal Puuwatu, tim bergerak ke Terminal Baruga.
Dari kedua terminal tersebut, BNNP Sultra berhasil memeriksa 32 sopir yang beroperasi ke luar kota. Hasilnya, semua negatif.
Faudzan Jamal mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), yang puncaknya dilaksanakan tanggal 26 Juni 2016.
Selain itu, tes urine ini dimaksudkan untuk memastikan para sopir tidak mengkonsumsi narkoba. Tentunya demi keamanan dan kenyamanan para penumpang serta sopir itu sendiri. Karena dampak dari penyalagunaan naroba, adapun kalau sopir memakai narkoba, pastinya kurang konsen dalam mengendara.
“Adapun kalau ada yang ditemukan sopir menggunakan narkoba, kalau terbukti kita melakukan pembinaan, dan kalau ada kita temukan tapi gak ada barang bukti sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kita akan rehabilitas,” katanya.
Menurutnya, aksi ini tidak hanya dilakukan oleh BNNP Sultra, namun termasuk badan narkotika di kabupaten/kota masing-masing. (p4/c/jie)

To Top