Pendaftaran Calon Anggota PPK dan PPS di Bombana Membeludak – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pendaftaran Calon Anggota PPK dan PPS di Bombana Membeludak

Suasana pendaftaran calon anggota PPK dan PPS di kantor KPU Bombana, Kamis (23/6). (Ridha/BKK).

Suasana pendaftaran calon anggota PPK dan PPS di kantor KPU Bombana, Kamis (23/6). (Ridha/BKK).

RUMBIA, BKK- Pascapembukaan pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana, Selasa (21/6) kemarin, kantor lembaga penyelenggara pemilu di Kabupaten Bombana tersebut terus diserbu warga.

Kondisi ini sudah terlihat sejak beberapa hari terakhir. Pantauan koran ini, Kamis (23/6), hampir seratusan warga diberbagai penjuru berdatangan guna mendaftarkan diri untuk menjadi penyelenggara pemilu.

Calon anggota PPS asal Pulau Kabaena, Alam (40) yang dikonfirmasi wartawan koran ini mengatakan, dirinya sengaja datang ke kantor KPU setempat untuk mendaftarkan diri.

“Tadi malam saya berangkat dari Kabaena dan datang untuk mendaftar anggota PPS di sini (KPU), karena banyak dari desa saya yang mendaftar, makanya saya ikut juga,” ungkap Alam, Kamis (23/6).

Menurut dia, menjadi penyelenggara pemilu adalah cita-citanya sejak lama. Sehingga, dirinya bertekad untuk mengikuti seleksi tersebut.

“Jadi saya mendaftar bukan karena memandang honor yang katanya mengalami kenaikan. Saya mendaftar memang karena keinginan,” katanya.

Ditambahkannya, sejauh ini calon anggota PPS di desanya yang telah mengambil formulir pendaftaran sudah mencapai belasan orang. Kondisi ini mengalami peningkatan dari pelamar pada pemilu sebelumnya.

Dikonfirmasi soal ini, Ketua KPU Bombana Drs Arisman mengatakan, pendaftaran PPK dan PPS dalam rangka pelaksanaan Pemilihan bupati dan Wakil Bupati Bombana 2017 mendatang dibuka sejak 21 sampai 25 Juni 2016.

Menurut Arisman, untuk seleksi administrasi akan dilakukan mulai 26-29 Juni, sementara pengumuman dijadwal pada 30 Juni.

“Tahapan penetapan dan pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada 16 Juli. Sementara pelantikan calon anggota PPK dan PPS terpilih dijadwalkan 19 Juli mendatang,” paparnya.

Dia menambahkan, dari sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota dalam proses perekrutan anggota PPK dan PPS kali ini, terdapat dua hal penting yang harus penjadi perhatian oleh para calon.

Pertama, calon anggota PPK maupun PPS tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP atau DKPP apabila pernah menjadi anggota pada pemilihan umum atau pemilihan.

Selanjutnya, calon anggota PPK dan PPS juga adalah mereka yang belum pernah menjabat dua kali periode berturut-turut sebagai anggota PPK dan PPS.

“Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) KPU nomor 183/KPU/IV/2015 tertanggal 27 april 2015,” tukas Arisman. (cr2/c/pas).

Click to comment
To Top