Jelang Mudik, Dishub Pantau Terminal dan Pelabuhan – Berita Kota Kendari
Beranda

Jelang Mudik, Dishub Pantau Terminal dan Pelabuhan

H Sjarif Sajang. (Nirwan/BKK)

H Sjarif Sajang. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Menjelang arus mudik lebaran Idulfitri 1437 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari memantau terminal dan pelabuhan.

“Guna kelancaran arus mudik kami sudah melakukan pemantauan di lapangan seperti di terminal dan pelabuhan,” terang Kepala Dinas (Kadis) Dishub Kota Kendari, Ir Drs H Sjarif Sajang MSi, kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/6).
Dari pantauan itu didapatkan, masih perlu dilakukan penataan karena adanya beberapa faktor. Di terminal Baruga, area parkirnya menjadi sempit karena ada pembangunan penambahan bagian pasar. Namun demikian, tetap akan diatur parkirannya dengan rapi, sehingga aktivitas masyarakat bongkar muatnya tetap berjalan dengan baik.
“Memang untuk terminal Baruga lokasi parkirannya sedikit mengalam pergeseran karena adanya perluasan pasar, tapi kita sudah turun di lapangan untuk mengatur dengan bekerja sama dengan parkir supaya ketertiban arus keluar masuk kendaraan dan penumpang bisa berjalan dengan lancar,” paparnya.
Di terminal Puuwatu, lanjut dia, masih tetap berjalan normal. Lonjakan penumpang belum nampak, termasuk di beberapa pelabuhan lainnya, baik pelabuhan nusantara maupun pelabuhan feri Wawonii dan pelabuhan batu.
“Kita berharap utamanya bagi kendaraan-kendaraan yang menuju Makassar, Kolaka dan sekitarnya, agar berkendara tidak dalam kondisi mengantuk. Selain itu, kami juga mengimbau kepada para pemudik untuk lebih awal misalnya H-3 khususnya untuk di pelabuhan, karena kalau H-1 penumpang biasanya sudah agak padat,” imbuhnya.
Pihak Dishub, lanjut dia, sudah menginformasikan kepada pemudik untuk menggunakan kendaraan laik pakai saat mudik nanti, utamanya dari segi ban, rem, dan lampu.
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari, Abdul Malik ST, mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan langkah-langkah diantaranya melakukan survei kelaikan jalan. Dimana survei ini dilakukan dengan pihak Dishub Kota Kendari.
“Kami melakukan survei kelaikan jalan yang ada di Kota Kendari dan memang ada beberapa titik yang kita dapatkan yakni jalan menuju Puuwatu, Torobulu, Moramo dan Konda serta jalur Kota menuju pelabuhan,” ujarnya.
Sedangkan, untuk jalan yang berlubang, kata dia, pihaknya sementara melakukan perbaikan jalan, malahan ada sebahagian jalan yang sudah dikerjakan. (m3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top