Dewan Godok Raperda Pengawasan Menara Telekomunikasi – Berita Kota Kendari
Beranda

Dewan Godok Raperda Pengawasan Menara Telekomunikasi

KENDARI, BKK- Badan legisalasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, telah selesai membahas Rancangan peraturan daerah (Raperda) pengawasan menara telekomunikasi usulan pemerintah Kota Kendari, Kamis (23/6) di ruangan Ketua DPRD.

Wakil Ketua Baleg, Samsudin Rahim ditemui usai pembahasan menjelaskan, penyetujuan Raperda ini didorong menjadi Perda, berdasarkan beberapa alasan, diantaranya untuk membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari.
“Kami sepakati usulan raperda ini untuk didorong menjadi agar bisa membantu PAD kita, meskipun sebelumnya Perda ini telah dicabut” ujarnya.
Ia melanjutkan, masalah pengawasan menara telekomunikasi memang dulunya pernah ada, hanya saja komunitas pemilik menara telekomunikasi melakukan gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK) dan Perda tersebut berhasil dicabut, hingga membuat PAD anjlok.
“Bukannya kita ingin paksakan kehendak, dengan menyepakati ususlan Raperda ini, tapi menara telekomunikasi yang ada di wilayah Kota Kendari harusnya bisa memberi kontribusi juga untuk daerah,” terangnya.
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum dan Pemerintahan DPRD, La Ode Ary menambahkan, adanya gugatan yang dilakukan komunitas pemilik menara disebabkan penarikan pajak yang terlalu tinggi oleh daerah, dimana tiap menara diwajibkan untuk membayar Rp 25 juta per tahun.
“Berdasarkan hal ini, format usulan perda yang baru dirubah, utamanya dari segi penarikan pajak. Semula Rp 25 juta, kini per menaranya hanya dikenakan Rp 5 juta per tahun,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment
To Top