Lima Perda di Kolaka Dicabut – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Lima Perda di Kolaka Dicabut

Amri Djamaludin

KOLAKA, BKK – Kemendagri telah menghapus 3.143 peraturan daerah bermasalah karena menghambat kegiatan investasi di daerah sehingga berpengaruh pada upaya percepatan pembangunan di daerah. Lima Perda diantaranya ada di Kabupaten Kolaka.

Kelima Perda tersebut yakni Perda nomor 2 tahun 2010 tentang pengelolaan barang milik daerah, Perda nomor 2 tahun 2011 tentang retribusi perizinan tertentu, Perda nomor 1 tahun 2002 tentang pertambangan umum daerah, Perda nomor 17 tahun 2007 tentang izin pemanfaatan kayu pada hutan hak, serta Perda nomor 3 tahun 2011 tentang pajak daerah Kabupaten Kolaka.

“Presiden membatalkan 3.143 Perda, termasuk di dalamnya 5 Perda kabupaten Kolaka,” kata Kepala Bagian (Kabag) humas dan protokol Setda Kolaka Amri Djamaluddin, rabu (22/6).

Sebelumnya, ‎Presiden Joko Widodo membatalkan 3.143 Perda yang dinilai bermasalah, yakni menghambat kapasitas nasional, menghambat kecepatan untuk memenangkan kompetisi, serta bertentangan dengan semangat kebhinekaan dan persatuan.

Juga Perda ‎yang menghambat proses perizinan dan investasi, Perda yang menghambat kemudahan berusaha dan Perda yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengungkapkan, Perda yang dibatalkan termasuk retribusi-retribusi yang tidak perlu, termasuk izin-izin gangguan yang masih menggunakan peraturan jaman Belanda. (cr3/c/jie)

Click to comment
To Top