Empat Wakil Rakyat di Konkep Malas Hadiri Paripurna – Berita Kota Kendari
Suksesi

Empat Wakil Rakyat di Konkep Malas Hadiri Paripurna

LANGARA, BKK – Empat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tampak tidak muncul pada saat sidang paripurna pembahasan 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif.

Keempat anggota dewan itu adalah Wakil Ketua I DPRD Konkep Abdul Rahman SE dari (PKS), Wakil Ketua II, Jaswan SE (Demokrat), anggota DPRD Amran SPd (PKS), dan anggota DPRD Titin Nurbaya Saranani (PAN).

Pantauan Berita Kota Kendari, empat kursi tempat duduk mereka tampak kosong pada rapat paripurna tanggapan dan atau jawaban fraksi atas pendapat kepala daerah dalam dewan terhadap 13 Raperda inisiatif DPRD Konkep 2015 yang digelar, Rabu (22/6) di ruang rapat DPRD Konkep.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi II DPRD Konkep Haryanto SSos saat dikonfirmasi mengatakan, tidak mengetahui persis alasan dua unsur pimpinan dan dua anggota DPRD Konkep sering tidak hadir pada agenda rapat paripurna 13 Raperda inisiatif dewan.

“Kalau pak Razak hari ini lagi sakit. Kalau yang lainnya saya tidak tahu apa alasannya. Silakan ditanyakan pada sekretariat karena paripurna pembentukan perda dari beberapa sebagian teman-teman ini lebih memilih tinggal di luar daerah,” ungkapnya.

Menurut mantan Jurnalis itu, tiga fungsi pokok anggota dewan, salah satunya adalah fungsi legislasi yakni membuat perda sebagai wujud tanggung jawab yang harus ditunaikan kepada setiap wakil rakyat pada masyarakat.

“Yang menjadi pertanyaan, apakah tanggung jawab ini sudah kita tunaikan atau belum? Sementara, hak kita selalu ditunaikan. Perempuan hanya bu Hatiga yang hadir yang lainnya ke mana? Pertanyaanya apakah kita lebih mementingkan kepentingan di luar daripada tugas pokok kita di DPRD, harus merasa diri dong bahwa saya ini adalah perwakilan masyarakat Wawonii, bukan masyarakat siapa,” kesalnya.

Sesuai tata tertib (tatib) DPRD Konkep, lanjut Haryanto, jika anggota dewan sudah tiga kali tidak mengikuti rapat paripurna maka sudah harus mendapatkan teguran secara tertulis dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Konkep.

“Tegurannya ditembuskan ke partai yang bersangkutan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua BK Dewan Konkep Hatiga memilih bungkam saat ditanyakan adanya surat teguran kepada anggota DPRD Konkep yang malas mengikuti agenda paripurna Raperda.

“No Komen,” singkatnya sembari melambaikan kata tidak. (k4/c/pas)

Click to comment
To Top