TIPS Lima Alasan Harus Punya Usaha Sampingan – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

TIPS Lima Alasan Harus Punya Usaha Sampingan

BISNIS ONLINE saat ini terus bertumbuh seiring meningkatnya penggunaan teknologi internet. Bisnis online umumnya dijadikan bisnis sampingan oleh karyawan.

Tak bisa ditolak bahwa usaha sampingan hampir menjadi sesuatu wajib untuk dilakoni di samping bekerja sebagai karyawan. Pada kasus tertentu, mengharapkan gaji dari kantor saja tak akan cukup bagi Anda untuk punya rumah, mobil dan tabungan pensiun. Memang benar, bukan?

Yang disebutkan sebelum ini memang benar adanya dan menjadi salah satu alasan krusial bagi Anda untuk segera mencari penghasilan tambahan. Baik karena alasan materil ataupun yang lainnya.
Dikutip dari Fajar Online, berikut beberapa alasan bagi Anda yang sedang bekerja sebagai karyawan untuk mulai menekuni sebuah bisnis.

  1. Penghasilan Tambahan

Sebagaimana sudah disinggung di awal artikel, membuka usaha sampingan tentu saja diharapkan menjadi penghasilan tambahan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan taraf hidup dan tentu saja menabung untuk masa depan.     Apalagi dengan biaya hidup yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, sudah saatnya Anda yang pegang kendali untuk menentukan berapa penghasilan yang Anda terima setiap bulannya.

2. Pasar Masih Terbuka Lebar

Tenang saja, faktanya, pasar masih terbuka luas dan bahkan semakin mudah dicapai. Jaringan Internet yang makin mudah diperoleh serta makin tinggi minat banyak orang untuk belanja di Internet, kedua hal tersebut menjadi faktor penting bagi Anda yang ingin buka usaha khususnya lewat Internet.         Jadi, jangan takut, produk atau jasa yang Anda tawarkan tak laku. Selama Anda inovatif dan kreatif dalam menawarkannya, bukan tak mungkin Anda dapat menjaring banyak pelanggan.

3. Aktualisasi Diri

Ada orang yang sebenarnya sudah tercukupi kebutuhan hidup dan bahkan keinginannya hanya dari gajinya sebagai karyawan. Di lain pihak, meskipun Anda butuh sesuatu yang bersifat materil, memulai sebuah bisnis sampingan, ternyata memberi efek luar biasa bagi diri Anda. Tak hanya uang tetapi juga menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mengaktulisasi diri.
Banyak bisnis sampingan mulai dari bisnis rumahan ataupun pekerjaan freelance lainnya memberi pengetahuan dan skill yang tak Anda peroleh dari kantor.

4. Persiapan untuk Pensiun

Ya, tentu saja, dengan menjalankan sebuah usaha di samping mengandalkan gaji dari kantor adalah bagian dari persiapan masa pensiun. Dengan begitu, Anda tak hanya mengharapkan tabungan yang Anda sisihkan dari gaji melainkan juga lebih tenang. Tenang karena Anda punya dana tambahan lainnya lagi.

5. Mungkin Jadi Bisnis Utama

Alasan lain lagi yang sebaiknya tak Anda anggap muluk adalah: Siapa yang sangka kalau usaha sampingan yang Anda mulai tersebut ternyata menjadi bisnis utama Anda di masa mendatang? Tak ada yang tahu, terkecuali Anda dan Tuhan.
Punya harapan seperti itu tak salah, bukan? Dengan optimisme tersebut malah akan semakin menyemangati Anda untuk semakin tekun menjalankan bisnis yang Anda rintis tersebut.
Anda pun tak lagi menganggap bisnis tersebut hanya sebagai sampingan melainkan sebagai pekerjaan kedua. Ya, pekerjaan di kantor adalah pekerjaan pertama dan di luar kantor adalah yang kedua. Keduanya sama-sama pekerjaan dan sama-sama penting. Hanya saja untuk saat ini, Anda harus prioritaskan terlebih dahulu pekerjaan kantor.
Tak ada yang tak mungkin! Selama Anda bekerja keras, hasil baik akan menanti Anda. Ingat, hard work never kills. Tak salah untuk bekerja keras dari sekarang selama masih punya tenaga cukup dan ide-ide cemerlang.     Pekerjaan yang dikerjakan dengan hati bahagia tentu saja membuahkan sesuatu yang luar biasa dan tidak melelahkan. Selamat bekerja! (fjr/aha)

To Top