Rusda Berharap KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih – Berita Kota Kendari
Beranda

Rusda Berharap KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Rusda Mahmud

Rusda Mahmud

LASUSUA, BKK – Bupati Kolaka Rusda Mahmud mengharapkan, dalam perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pemilukada) tahun 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara (Kolut) untuk lebih memaksimalkan segala proses tahapan Pilkada untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya.

“Penilaian keberhasilan pelaksanaan Pemilukada, bukan hanya dari pelaksanaan yang berjalan aman dan damai, namun bagaimana tingkat  partisipasi masyarakt dalam pemilihan,” kata Rusda Mahmud, melalui sambutan yang dibacakan Asisten I, Zasanuddin B, saat launching tahapan, program, jadwal, website, serta maskot, jingle, dan penandatangan MoU KPU dan Kejaksaan.

Menurutnya, dengan anggaran yang besar dalam Pemilukada, KPU harus melakukan sosialisasi dengan efektif dan efisien dengan menggunakan segala potensi yang ada agar hak-hak politik masyarakat dapat terpenuhi.

“Anggaran Pilkada bersumber dari Anggaran Pendapan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan uang rakyat. Sehingga KPU dituntut harus mampu memberikan kualitas pemilihan yang terbaik dan mampu mengakomodir semua masyarakat untuk memberikan hak pilihnya nanti,” katanya.

Sebagai lembaga independen, kata Rusda, KPU jangan sampai menciderai independensinya dengan melakukan tahapan berdasarkan asumsinya tanpa mengacu pada mekanisme yang telah ditetapkan yakni undang-undang.

“Maksimal KPU harus mampu meningkatkan partisipasi pemilih diatas 80 persen. Kalau mampu harus bisa terbaik di indonesia,” harapnya.

Dimasa jabatannya, lanjut Rusda, warga Kolaka Utara akan segera memilih bupati baru dan wakil bupati. Bupati sebagai kepala daerah memegang posisi yang teramat penting dalam rangka melanjutkan program pembagunan dan meningkatkan tarap kesejateraan masyarakat.

“Semua yang terlibat dalam penyelenggaran Pilkada harus saling berkordinasi dan mampu menyelesaikan semua permasalahan yang timbul dengan bijaksana” ujar Rusda.

Rusda Mahmud berharap agar Pilkada tahun 2017 dapat terlaksana dengan baik dan melahirkan pemimpin yang berkualitas, cerdas, bermoral,komitmen dan memiliki kepekaan sosial untuk memajukan daerah Kolaka Utara. (k2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top