Juli, Pemkot Baubau Cairkan Tunjangan Guru Non-Sertifikasi – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Juli, Pemkot Baubau Cairkan Tunjangan Guru Non-Sertifikasi

BAUBAU, BKK – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Baubau, Drs H Masri MPd mengungkapkan, Dana Tambahan Penghasilan (DTP) bagi guru PNS yang belum sertifikasi atau lebih akrab disebut tunjangan non-sertifikasi untuk guru se-Kota Baubau akan dibayarkan pada awal Juli 2016.

“Nanti masuk Juli ini baru cair, karena memang tunjangan itu setelah mengajar dulu baru dibayarkan, beda dengan gaji yang dibayarkan pada awal sebelum mengajar,” ungkap Masri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/06).

Masri mengatakan, aturan penyaluran dana itu berdasarkan pasal 80 ayat 1 PMK Nomor 48/PMK.07/2016 Permendikbud No 17 Tahun 2016, tentang petunjuk teknis penyaluran tunjangan profesi (tunjangan sertifikasi guru) dan tambahan penghasilan bagi guru PNS daerah dilakukan secara triwulan seperti pada tunjangan sertifikasi, yakni triwulan I paling cepat bulan Maret, triwulan II paling cepat bulan Juni, dan triwulan III paling cepat bulan September, serta Triwulan IV paling cepat bulan November.

“Memang tidak berbeda dengan penyaluran tunjangan profesi atau yang biasa juga disebut tunjangan sertifikasi pada umumnya. Tunjangan non-sertifikasi ini, juga disalurkan per triwulan dalam setahun. Dan ini kita tinggal menunggu saja suratnya dari pusat,” katanya.

Belum diketahui dengan jelas rincian anggaran yang disiapkan untuk pembayaran tunjangan non sertifikasi untuk triwulan ke 2 pada Juli 2016 nanti, namun ditaksir tidak akan melewati jumlah anggaran Rp 362.250.000 per 483 orang guru penerima DTP triwulan ke 1 beberapa bulan lalu.

“Kita belum ketahui pasti jumlah yang disiapkan untuk Kota Baubau pada triwulan ke dua ini, tapi kalau bukan sama mungkin akan menurun anggarannya dengan yang lalu, karena setiap tahun mengalami penurunan jumlah kuota akibat setiap tahun ada terus yang lolos seleksi penerima sertifikasi,” tutupnya. (k2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top