Suksesi

Asrun dan ADP Saling Amankan Pintu

Asrun bersalaman dengan anaknya ADP saat dilantik sebagai angggota DPRD Sultra beberapa waktu lalu. (pandi/bkk)

Asrun bersalaman dengan anaknya ADP saat dilantik sebagai angggota DPRD Sultra beberapa waktu lalu. (pandi/bkk)

KENDARI, BKK – Formasi kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Kendari akan menguntungkan Asrun dan Adriatma Dwi Putra (ADP).

Hal ini diakui oleh Asrun sendiri saat bincang-bincang dengan Berita Kota Kendari beberapa waktu lalu. Menurut Asrun, terpilihnya Umar Samiun sebagai Ketua DPW PAN Sultra dan ADP sebagai Sekretaris merupakan jalan tengah.

“Ini jalan tengah yang kita tempuh terkait dengan ikhtiar saya mencalonkan diri sebagai gubernur dan putra saya mencalonkan diri sebagai wali kota,” ungkapnya.

Menurut dia, salah satu solusi agar dirinya tidak terlalu diberondong di internal PAN adalah mundur selangkah dan membiarkan kader lain memimpin partai matahari terbit itu.

Oleh Asrun, terpilihnya Umar sebagai Ketua DPW kecil kemungkinan untuk menjegal dirinya dalam perebutan pintu PAN untuk maju Pilgub Sultra.

Sebab, di jabatan Sekretaris DPW ada putranya yang menjadi backing pengaman pintunya. Berdasarkan aturan, untuk mengusung calon di Pilkada, ketua dan sekretaris di tingkatan masing-masing harus bertanda tangan. Jika hanya satu saja, maka rekomendasi partai tidak bisa digunakan untuk maju.

“Ada ADP yang bisa amankan pintu saya nanti untuk maju pilgub,” katanya.

Selain memastikan pintunya diamankan anaknya, Asrun juga telah membuktikan agar anaknya mendapatkan pintu PAN dalam pencalonan Wali Kota Kendari. Asrun, kembali memimpin PAN Kota Kendari periode kedua.

“Secara pribadi, saya tidak punya kepentingan di Kota Kendari. Tapi, kepada kader saya pasti ada. Saya ingin pastikan pintu PAN untuknya (ADP, red),” paparnya.

“Ini semua jalan tengah. Putra saya sekarang menjadi Sekretaris DPW PAN dan saya menjadi ketua DPD PAN Kota Kendari,” tuturnya.

Komposisi ini, lanjut Asrun, sudah diamini oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

“Semua rencana kita, terwujud hari ini,” tuturnya.

Pada pelaksanaan musyawarah daerah (musda) secara serentak di Baubau kemarin, Asrun mengaku, pencalonannya di pilgub menjadi salah satu pembahasan. Ia berharap, pada saat pelantikan para ketua DPD PAN kabupaten atau kota ada Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan yang akan langsung mendeklarasikan namanya sebagai calon tunggal PAN maju pilgub.

“DPP telah sepakat yang diusung itu adalah kader yang memiliki elektabilitas tertinggi,” tuturnya. (pas)

To Top