Lingkar Sultra

Tak Kuorum, Sidang Paripurna LKPJ-AMJ Bupati Bombana Batal

Suasana ruang paripurna DPRD Bombana yang kosong. Sebanyak 14 anggota dewan tidak menghadiri paripurna LKPJ-AMJ bupati Bombana, Senin (10/6). (Ridha/BKK).

Suasana ruang paripurna DPRD Bombana yang kosong. Sebanyak 14 anggota dewan tidak menghadiri paripurna LKPJ-AMJ bupati Bombana, Senin (10/6). (Ridha/BKK).

RUMBIA, BKK – Sidang paripurna dengan agenda Laporan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) Bupati Bombana H Tafdil SE MM, Senin (10/6) pukul 14.00 Wita, batal dilaksanakan.

Hal ini terjadi menyusul tidak kuorumnya peserta sidang paripurna tersebut. Pantauan wartawan koran ini, dari total 25 jumlah anggota DPRD setempat hanya 11 orang yang hadir, sembilan diantaranya, yakni, ketua DPRD Andi Firman, Andi Nirwana SP MM, Abdul Rauf SIp, H Rusdi SE,  H Amborape A Mt, Juntas SIp, Musrif, Sukmawati Darwis SPi MM, Johan Salim SP merupakan anggota dewan asal Partai Amanat Nasional (PAN).

Dua anggota lainnya yang berasal dari Partai Golkar dan Demokrat, yakni, Wakil Ketua DPRD Drs Ahmad Mudjahid, serta Rumianto SPd juga turut hadir dalam agenda tersebut.

Sementara 14 anggota lainnya; Amiadin (PPP), Drs Rasyid (Golkar), Arsyad SPd (Nasdem), Hanani (PPP), Hasrat SH (PDIP), Ahmad Yani (PBB), Sudirman (PBB), Heryanto (Golkar), Abdul Jalil (PPP), Andi Wawan Idris Sos MSi (Gerindra), Aflan Zul Fadli ST MEng (PKS), Anwar SH (Nasdem), Syukur SIp (Gerindra), dan Suritman SPd (Hanura), tidak nampak dalam acara paripurna tersebut.

Saat memimpin sidang, Ketua DPRD Bombana, Andi Firman menyampaikan, setelah melihat daftar hadir anggota dewan, dari 25 anggota DPRD Bombana hanya 11 orang yang bertanda tangan.

“Sesuai Tatib, jumlah anggota dewan yang hadir hari ini tidak menghampiri setengah dari jumlah anggota DPRD Bombana, untuk itu sidang kami skorsing selama 10 menit,” kata Andi Firman.

Ia menambahkan, dalam tatib ditekankan bahwa dalam mengambil keputusan harus lebih setengah anggota dewan yang hadir.

Andi Firman menilai, rapat paripurna tentang LKPJ-AMJ Bupati ini bukan lagi kesalahan eksekutif, tapi kesalahan legislatif yang tidak hadir dalam paripurna.

“Padahal kami sudah mengirim surat kepada mereka, bahkan sebelumnya kami hubungi melalui telepon. Namun sampai sore ini mereka tidak hadir. Hanya beberapa anggota dewan yang memiliki izin,” tuturnya.

Langkah selanjutnya tambah Andi Firman, pihaknya akan menjadwalkan kembali rapat Bamus dan memproritaskan agenda tersebut.

Selanjutnya, akan mengembalikan nama-nama anggota dewan yang tidak hadir ke masing-masing fraksi.

“Nanti fraksi yang akan menyurat kepada partai masing-masing,” tukasnya.

Di tempat yang sama Sekda Bombana, H Burhanuddin Av HS Noy SE MSi mengatakan, pihaknya telah menyetor LKPJ AMJ Bupati pada DRPD setempat.

“LKPJ-AMJ itu telah kami setor kepihak dewan sejak satu bulan sebelum pembahasan atau diparipurnakan,” ungkap Sekda. (cr2/b/jie)

To Top