Kajati Pastikan Aswad Segera Duduk di Kursi Pesakitan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kajati Pastikan Aswad Segera Duduk di Kursi Pesakitan

Sugeng Djoko Susilo

Sugeng Djoko Susilo

KENDARI, BKK – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sugeng Djoko Susilo SH MH memastikan, mantan Bupati Konawe Utara (Konut) Aswad Sulaiman segera duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari.
Itu menyusul, berkas perkara Aswad sudah lengkap dan dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.
“Sudah (lengkap), dalam waktu dekat dilimpahkan ke pengadilan,” ungkap Sugeng saat ditemui usai menghadiri acara buka puasa bersama di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin (20/6).
Kendati telah memastikan berkas Aswad sudah lengkap. Namun, kata Sugeng, untuk kepastiannya pelimpahannnya ke pengadilan ada pada Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sultra.
“Sudah selesai berkasnya. Besok tanya saja kepada Aspidsus. Kayaknya sudah dilimpahkan ke pengadilan,” ujarnya.
Sugeng menegaskan, dirinya tetap akan menuntaskan kasus Aswad ini. Ia membantah kalau kasus tersebut sengaja diulur-ulur.
“Siapa yang bilang nggak lanjut? Sudah ada buktinya kok. Dalam waktu dekat kita limpahkan,” tegasnya.
Diketahui, Aswad ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konut tahap II dan III 2010 sampai 2011, sudah lumayan lama, yakni pada 24 Februari 2016.
Kendati telah memasuki waktu empat bulan penyusunan berkas, namun kejati tak kunjung membawa politikus Partai Demokrat (PD) ke pengadilan untuk menjalani sidang.
Aswad melakukan penunjukan langsung kepada kontraktor tanpa melalui proses tender, sehingga menyebabkan kerugian negara Rp 2,3 miliar dari anggaran Rp 4,8 miliar. (pas/kas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top