Umar Arsal Bagikan 100 Alquran di Rutan Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Umar Arsal Bagikan 100 Alquran di Rutan Kendari

Umar Arsal saat memberikan bantuan 100 Alquran di Rutan Kendari. (RAHMAT/RAJAP BKK)

Umar Arsal saat memberikan bantuan 100 Alquran di Rutan Kendari. (RAHMAT/RAJAP BKK)

KENDARI, BKK – Di Bulan Ramadan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) Umar Arsal menggelar buka puasa bersama dengan narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kendari, Jumat (17/6).
Selain berbuka puasa bersama, Umar ikut mendengarkan aspirasi para masyarakat rutan.
Umar Arsal mengatakan, yang menjadi masalah di Rutan Kendari adalah kapasitas ruangan penampungan napi yang berlebihan.
“Mesti direnovasi tetapi lahan sangat terbatas atau paling tidak dicarikan jalan atau menghubungi instasi terkait mengenai pemindahan lokasi pembanguan kantor baru yang kapasitasnya lebih besar dan mampu menampung napi yang lebih banyak,” ungkapnya.
Kepada para napi, Umar meminta agar tetap menjalani hukuman dan tidak mengulangi perbuatan sebelumnya yang melanggar hukum.
“Para napi tidak berlama-lama di rutan ini dan harus cepat kembali pada keluarga masing-masing di rumah,” katanya.
Buka puasa dengan warga rutan, sebut Umar, bukan kali ini saja. Sebelumnya, kata dia, telah intens dilaksanakannya setiap tahun.
Selain buka bersama, Umar ikut memberikan bantuan kepada pihak rutan berupa Alquran sebanyak 100 buah dan 500 buah buku Surah Yasin. Hal ini ditujukan agar para napi bisa belajar Alquran.
Sementara itu, Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIA Kendari Andi Gunawan berharap, agar pemerintah terkait segera merenovasi atau memindahkan lokasi rutan yang saat ini sudah over kapasitas.
“Sehingga, tidak kesulitan dalam menangani napi yang sangat banyak,” harapnya. (p7/p8/c/pas)

To Top