Rektor Usman Ancam Dosen yang Melakukan Pungli – Berita Kota Kendari
Beranda

Rektor Usman Ancam Dosen yang Melakukan Pungli

Ingat! Mahasiswa dengan UKT Jangan Bayar Uang Praktik
KENDARI, BKK – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Usman Rianse menebar ancaman bagi seluruh dosen untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli).
Menurutnya, bila ada oknum dosen yang melakukan pungli, akan diberikan sanksi tegas seperti tidak diberikan mata kuliah dan tidak diperbolehkan untuk membimbing mahasiswa.
Tebaran ancaman dilakukan Usman ini menyusul adanya isu pungli kepada mahasiswa terutama mahasiswa yang terdaftar dalam uang kuliah tunggal (UKT).
“UKT sebenarnya untuk menfokuskan dan meringankan beban mahasiswa. Jadi, jika mahasiswa sudah membayar UKT maka tidak dipungut lagi pembayaran kuliah seperti uang praktik, uang skripsi dan uang wisuda, uang baju dan uang kuliah kerja nyata (KKN),” ungkap Usman Rianse, Minggu (19/6).
Menurutnya, mahasiswa yang terdaftar dalam UKT tinggal dilayani dan kuliah saja. Tidak ada lagi beban lain-lain untuk dibayarnya di kampus.
Jika, memang ada oknum dosen yang melakukan pungli kepada mahasiswa, maka pihaknya akan memberikan sanksi kepada dosen yang bersangkutan. Dosen tersebut, akan dibawah ke dewan kehormatan kode etik dan langsung diberikan sanksi.
“Ada sanksi yang kami berikan kepada dosen yang melakukan pungli kepada mahasiswa yaitu kita tidak diberikan mata kuliah, tidak diberikan membimbing. Jadi, memang dosen yang melakukan pungutan kepada mahasiswa yang tidak semestinya kita hukum,” tegasnya.
Ia mengimbau kepada mahasiswa bila mendapatkan perlakuan pungli dilaporkan saja kepada dirinya.
“Kenapa saya lakukan itu, karena yang mesti dipahami mahasiswa yang ada di UHO sebesar 68 persen itu dikategorikan miskin. Seandainya mahasiswa tersebut diperas lagi maka menurut saya itu sangat kasian sekali,” tuturnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top