Pungli Gudacil di Dikbud Sultra Capai Miliaran Rupiah – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pungli Gudacil di Dikbud Sultra Capai Miliaran Rupiah

Korupsi.Ilustrasi

KENDARI, BKK – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut, besaran kasus dugaan korupsi pungutan liar (pungli) tunjangan guru daerah terpencil (gudacil) yang terjadi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra mencapai miliaran rupiah.
“Dalam laporannya besaran dugaan punglinya mencapai miliaran. Itu terjadi pada 2013, 2014, dan 2015,” ujar Kepala Subdirektorat (Kasubdit) III Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Honesto R Dasinglolo, saat ditemui beberapa hari lalu.
Hanya saja mengenai modus pungutannya, perwira polisi dengan dua melati di pundak ini belum mengetahuinya, karena masih melakukan penyelidikan.
Dengan adanya kasus dugaan pungli tunjangan gudacil itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Midi Siswoko SIK, mengaku dongkol.
Sehingga, perwira polisi dengan tiga melati di pundak ini, secara tegas mengatakan akan menuntaskan kasus tersebut pada tahun ini.
“Kalau pemotongan tunjangan gudacil saya dongkol. Akan saya tuntaskan tahun ini, karena saya dongkol,” ujar Midi.
Menurut Midi, pemotongan tunjangan gudacil tersebut merupakan perbuatan nakal oknum-oknum dikbud yang tidak memiliki belas kasihan terhadap profesi guru yang melaksanakan tugas di daerah terpencil.
“Pejabat dikbud semua akan kita periksa, termasuk kadisnya. Kasian (tunjangan gudacil dipotong), nakal itu. Masa tunjangan guru daerah terpencil dipotong,” tuturnya dengan nada kesal. (kas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top