Dikbud Kendari Mantapkan Persiapan PPDB SMP – Berita Kota Kendari
Aktualita

Dikbud Kendari Mantapkan Persiapan PPDB SMP

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari memantapkan persiapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah menengah pertama (SMP) 2016, Jumat (17/6).

Pemantapan kesiapan PPDB ini, dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 Kendari.

Kepala Dikbud Kota Kendari Makmur mengatakan, untuk memantapkan kesiapan penerimaan peserta didik baru, pihaknya mengundang seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta.

Ia menyebut, khusus sekolah menengah atas (SMA) sederajat, sekolah dasar (SD) dan taman kanak-kanak (TK), lebih duluan dilaksanakan.

“Ini hari, kita lakukan rapat persiapan pemantapan PPDB oleh kepala sekolah SMP negeri maupun swasta,” terang Makmur yang juga sebagai ketua panitia PPDB.

Makmur melanjutkan, penerimaan peserta didik baru ini, tergantung jumlah kelas masing-masing sekolah. Untuk itu, setiap sekolah memiliki target tersendiri.

“Misalnya, di SMPN 9 Kendari. Karena mereka hanya memiliki 10 ruang kelas, maka otomatis jumlah yang dibutuhkan adalah 10 rombongan belajar juga. Dalam satu  rombongan belajar itu, maksimal 32 orang pelajar,” paparnya.

Ia menyebut, untuk bisa terjaring masuk di lembaga pendidikan, harus memenuhi syarat. Di antaranya, tergantung nilai ujian nasional (UN), memiliki prestasi akademik dan non akademik  (penghargaan), jarak sekolah dengan tempat tinggal dan khusus siswa miskin akan diprioritaskan dan diberi tambahn nilai.

“Harapan dalam rapat ini adalah semua kepala sekolah menjalankan PPDB sesuai dengan prosedur operasional standar (POS),” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Kendari Nurdin Tinggila mengatakan, sekolahnya telah siap menyelenggarakan PPDB ini. Ia mengaku, penerimaan peserta didik baru di sekolahnya, sekitar 25 Juni 2016.

“Dalam rangka PPDB tersebut, kami sudah sangat siap. Bahkan, kuota kami sudah ditetapkan sebanyak 10 rombongan belajar. Dalam satu rombongan belajar, berjumlah 32 orang. Maka, total kuota yang kami buka itu adalah sebanyak 320 orang,” tuturnya. (p7/c/pas)

Click to comment
To Top