Arhawi-Ilmiati Dilantik 28 Juni – Berita Kota Kendari
Suksesi

Arhawi-Ilmiati Dilantik 28 Juni

Arhawi-Ilmiati

KENDARI, BKK – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wakatobi dipastikan akan dilantik 28 Juni 2016 di Kantor Gubernur Sultra.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sultra La Ode Ali Akbar mengatakan, pihaknya sudah mengantongi surat keputusan (SK) pelantikan pasangan tersebut. Rencananya, mereka dilantik langsung oleh Gubernur Sultra Nur Alam.

“Pelantikannya, sekitar pukul 10.00 Wita. Undangannya, sementara dicetak,” terang La Ode Ali Akbar kepada Berita Kota Kendari, Kamis (16/6).

Mantan Sekretaris Korps Pegawai Negeri (Korpri) Sultra ini menyebut, total undangan yang dicetak sekitar 1.200 lembar. Namun, kata dia, jumlah tersebut  akan bertambah. Untuk itu, Pemprov menyediakan tenda di luar gedung pelantikan.

“Dalam ruangan kapasitasnya hanya 1.200 orang,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, rencana pelantikan ini sudah dikoordinasikan dengan pasangan kepala daerah itu. Soal perwakilan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Ali belum memastikan siapa yang akan diutus.

“Tidak ada dari Mendagri. Saat ini, belum ada informasi mau datang atau tidak. Yang jelas, sudah ada surat untuk kami segera lantik,” tuturnya.

Pasangan Arhawi-Ilmiati Daud merupakan pemenang Pilkada serentak 2015 di Wakatobi. Pasangan yang salah satunya diusung Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengalahkan jagoan incumbent, Bupati Wakatobi Hugua.

Hugua sendiri, mengusung Haliana-Muhammad Syawal. Namun, mereka tidak mampu membendung kekuatan Arhawi-Ilmiati Daud dengan selisih 777 suara.

Atas kekalahan perolehan suara itu, pasangan Haliana-Muhammad Syawal sempat mengajukan gugatan perselisihan hasil pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, hakim MK menilai, gugatan mereka tidak memiliki legalitas karena selisih suarany di atas dua persen. (pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top