SDN 1 Baruga Hanya Terima Calon Murid Baru Minimal Enam Tahun – Berita Kota Kendari
Beranda

SDN 1 Baruga Hanya Terima Calon Murid Baru Minimal Enam Tahun

Hasimin SPd. (Nirwan/BKK)

Hasimin SPd. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Tahun ajaran 2016-2017, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Baruga Kendari hanya menerima calon murid baru minimal berumur enam tahun. Jika ada calon murid baru yang mendaftar namun masih berusia di bawah enam tahun, pihak sekolah tidak akan menerimanya.
Ketua penerimaan murid baru SDN 1 Baruga Hasimin SPd mengatakan, ada perbedaan mekanisme penerimaan murid baru di SDN 1 Baruga dengan tahun-tahun sebelumnya. Perubahan ini dianggap karena mekanisme sebelumnya dinilai kurang tertib.
“Mekanisme penerimaan murid baru di SDN 1 Baruga berdasarkan pengalaman yang lalu, jika kami langsung membagikan formulir kepada calon murid baru itu kadang kurang tertib. Sehingga, sekarang kami pihak sekolah membuatkan pengumuman untuk semua persyaratan murid baru, sehingga semua tinggal melengkapi berkas, kemudian memasukan berkas, setelah itu dilihat berkas yang dimasukan jika lengkap maka diberikan formulir,” ungkap Hasimin kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK), Rabu (15/6).
Syarat yang harus dipenuhi oleh calon murid baru, sebut dia, foto kopi akta kelahiran, foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) orang tua, foto kopi kartu keluarga (KK), dan foto kopi ijazah taman kanak-kanak (TK).
“Penerimaan kita bagi dua zona. Untuk zona pertama itu diprioritaskan yang berada di sekitar sekolah atau Kelurahan Lepolepo sampai Rumah Sakit (RS) Bahteramas. Setelah itu, untuk zona yang kedua yaitu calon murid baru yang berada di luar wilayah sekolah yang penting memenuhi syarat,” paparnya.
Ia menyebut, jumlah formulir yang telah dibagikan sebanyak 128. Ini, sesuai dengan target atau kuota yang diterima dan ketentuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari.
“Jadi, kalau misalnya calon murid baru yang masuk di SDN 1 Baruga melebihi kuota yang ditentukan, maka pihaknya harus berkoordinasi dengan pihak Dikbud. Jika diperbolehkan untuk menambah kuota, maka akan melakukan penambahan kuota, begitu juga sebaliknya,” pungkasnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top