Naskah Akademik 22 Raperda Inisiatif Masih Disusun – Berita Kota Kendari
Beranda

Naskah Akademik 22 Raperda Inisiatif Masih Disusun

 Yasin Idrus

Yasin Idrus

KENDARI, BKK – 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari 2016 untuk sementara masih disusun tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Anggota Komisi I DPRD Kota Kendari Yasin Idrus mengaku, tahun ini dewan belum merealisasikan satu pun perda hak inisiatif. Namun, kata dia, dewan telah memplenokan beberapa raperda inisiatif 2015.

“Seperti, tentang Pemekaran Kecamatan Nambo dari induk Kecamatan Abeli dan Kelurahan Wundubatu dari induk Kelurahan Rahandouna. Pemekaran kecamatan dan kelurahan tersebut belum diparipurnakan oleh anggota DPRD Kota Kendari,” ungkap pria yang akrab disapa Mandor Aco, Rabu (15/6).

Senada dengan Mandor Aco, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat DPRD Kota Kendari Syain Kadir SH mengaku, belum terealisasinya 22 raperda ini karena naskah akademiknya sementara digodok di tiga universitas.

“Raperda inisiatif dewan ini memang masih dalam tahapan penyusunan naskah akademik. Namun, sudah ada satu raperda yang ditetapkan tinggal menunggu pleno,” katanya.

Di 2015, raperda inisiatif dewan yang telah terealisasi adalah Perda Ketenagakerjaanan Lokal. Raperda ini, sebut Kadir, menyangkut prioritas pekerja lokal atau putra daerah.

“Raperda tersebut sudah diparipurnakan oleh DPRD Kota Kendari untuk 2015,” tuturnya. (p7/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top