Laut Surut, Enam Lumba-Lumba Terdampar di Soropia – Berita Kota Kendari
Aktualita

Laut Surut, Enam Lumba-Lumba Terdampar di Soropia

Laut Surut, Enam Lumba-Lumba Terdampar di Soropia

Laut Surut, Enam Lumba-Lumba Terdampar di Soropia

KENDARI, BKK – Sebanyak enam ekor lumba-lumba ditemukan terdampar di sekitar perairan Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di pemukiman Suku Bajo Desa Sama Jaya Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, Rabu (15/6) sekitar pukul 08.00 Wita.

Salah satu warga bernama Aris kepada Berita Kota Kendari mengaku, lumba-lumba yang besarnya mencapai dua meter itu ditemukan oleh anak-anak yang sementara mendayung di sekitar perairan Desa Sama Jaya.

Melihat lumba-lumba yang tergelepar di bibir pantai, anak-anak tersebut langsung naik ke darat untuk melapor kepada warga,

“Setelah itu, warga banyak pergi melihatnya. Kondisinya masih hidup,” katanya.

Ia menduga, lumba-lumba terdampar karena kondisi air laut surut. Akibatnya, enam lumba-lumba ini tidak bisa kembali berenang di lautan lepas. Warga, kata Aris, sempat menolong untuk mendorong lumba-lumba tersebut ke lautan, namun usahanya gagal.

“Warga sempat mendorong ke laut, tapi karena sangat besar, sehingga sangat sulit,” katanya.

Karena tidak mampu, tokoh masyarakat setempat kemudian menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra untuk menyelematkan lumba-lumba tersebut.

“Katanya, sekarang sudah ada mi dari dinas. Tinggal diangkat untuk dilepas di lautan,” tuturnya.

Adanya lumba-lumba terdampar ini, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sultra Askabul Kijo belum bisa dikonfirmasi. Namun, hingga berita ini diterbitkan, warga memastikan enam lumba-lumba ini tengah diselamatkan oleh masyarakat dan dinas terkait. (pas)

Click to comment
To Top