Lingkar Sultra

Dua Lurah Tak Hadiri Pleno Validasi DPT untuk PSU Jilid II

Suasana rapat pleno validasi dan pencermatan data pemilih pada PSU II Muna, di Sekretariat KPU Muna, Rabu (15/6). (Foto: Fitri/BKK)

Suasana rapat pleno validasi dan pencermatan data pemilih pada PSU II Muna, di Sekretariat KPU Muna, Rabu (15/6). (Foto: Fitri/BKK)

RAHA, BKK- Jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II yang akan digelar Minggu (19/6), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna mengumumkan hasil rapat pleno validasi dan pencermatan Data Pemilih Tetap (DPT) pada dua TPS, yakni TPS 4 Raha I dan TPS 4 Wamponiki.

Namun dalam pleno tersebut tak terlihat dua lurah terkait, yakni Lurah Raha I Alamsyahrir dan Lurah Wamponiki Jakfarudin Tambori. Padahal KPU Muna sudah melayangkan undangan.
Nampak hadir perwakilan seluruh tiga pasangan calon, Ketua Bawaslu Provinsi Sultra Hamirudin Udu berserta jajarannya, Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo, Polres, Kodim 1416 Muna serta petugas KPPS dan PPK pada dua TPS tersebut.
Ketua KPU Muna Muhammad Amin Rambega mengatakan,
rapat tersebut digelar sejak Senin (13/6). Jumlah DPT di TPS 4 Kelurahan Raha I sebanyak 499 orang. Jumlah ini terdiri atas 339 pemilih MS (Memenuhi Syarat), 56 pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) serta 104 pemilih tanpa keterangan.
Sedangkan yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTB2) berjumlah 54 orang. Dari jumlah ini yang memenuhi syarat 42 orang, TMS 3 orang, tanpa keterangan 9 orang.
Untuk Kelurahan Wampiniki, jumlah DPT sebanyak 637 orang. Setelah dilakukan pencermatan dan validasi diperoleh data yang berstatus MS sebanyak 204 orang, TMS 254 orang, tanpa keterangan 179 orang.
Selanjutnya, untuk TPS 4 Kelurahan Wamponiki, pemilih yang menggunakan DPTB 2 sebanyak 11 orang dengan rincian menggunakan DPHH 1 orang, MS 9 orang dan 2 orang masih diragukan.
Kedua orang pemilih yang diragukan ini bernama Sulhasyah Liambo dan Jain Asfar. Khusus Sulhasyah Liambo, namanya masih harus dicek pada Dinas Catatan Sipil. Sedangkan Jain Asfar diragukan C7-nya ada di Laende.
“Data ini masih bersifat sementara ya. Kita belum sahkan dalam pleno validasi DPT,” kata Kasubag Hukum KPU Muna, Sarus, usai pengumuman valiadasi sementara itu, di Sekretariat KPU Muna, Rabu (15/6).
Komisioner KPU Muna, Andi Arwin mengatakan, pengesahan DPT baru dilakukan Kamis (16/6) hari ini. “Termasuk apakah 17 nama yang dimuat dalam amar putusan MK akan ikut dalam PSU ini, akan kita plenokan hari ini juga,” katanya.
Andi Arwin juga mengatakan, saat ini KPU Muna sedang melakukan penyortiran C6. Kali ini, C6 yang disortir berdasarkan nama pemilih.
“C6 akan kita bagikan ke pemilih sejak hari ini sampai tanggal 18 Juni,” pungkasnya. (cr1/b/aha)

To Top