Dewan Minta Arak, Pongasi dan Kameko Ditertibkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Dewan Minta Arak, Pongasi dan Kameko Ditertibkan

KENDARI, BKK – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Samsudin Rahim meminta pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk menertibakan peredaran minuman keras (miras) lokal atau miras olahan rumah tangga yang masih ramai beredar.
Ditemui di ruangannya, Rabu (15/6), politikus Partai Amanat Nasional ini menjelaskan, peredaran miras lokal perlu ditertibkan karena dianggap ramai dan telah meresahkan masyarakat.
“Miras lokal seperti arak, pongasi dan kameko mestinya diteribkan juga di Bulan Ramadan. Bukan hanya minuman berlabel, karena hal itu jelas bertentangan dengan ajaran agama dan aturan kita,” ujarnya.
Tidak bisa dipungkiri, kata Samsudin, miras menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kriminal. Untuk itu, diperlukan kerja keras Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) bekerja sama dengan semua stekholder untuk menertibkan minuman haram itu.
“Semua pihak harus bisa bekerja sama untuk menertibkan hal ini, utamanya di wilayah kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO),” katanya.
Ia menegaskan, aparat harus memberikan sanksi tegas kepada penjual miras lokal ini.
“Kalau ada yang kedapatan, maka perlu diberikan sanksi agar ada efek jerahnya,” pungkasnya.
Sementara itu, Margono, salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari mengaku, harusnya di Bulan Ramadan memperbanyak amal dan segala aktivitas yang bisa berpotensi dosa, ditinggalkan.
“Seharusnya pedagang miras lokal ini sadar diri, tidak usah lah dulu jualan miras di Bulan Ramadan. Jangan hanya kejar harta dunia tapi akhirat tidak dipikir,” tutupnya.(m2/c/pas)

Click to comment
To Top