Anggota Dewan Ini Sebut Reses Hanya Menghamburkan Uang – Berita Kota Kendari
Beranda

Anggota Dewan Ini Sebut Reses Hanya Menghamburkan Uang

Umar Bonte

Umar Bonte

KENDARI, BKK- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari La Ode Umar Bonte menilai kegiatan reses yang dilakukan tiap anggota DPRD hanya menghamburkan uang.
Pasalnya, kegiatan kembali ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing untuk menyerap aspirasi warga dalam setahun tiga kali, tidak maksimal untuk memberikan solusi masalah di masyarakat.
“Setelah saya sadari, ternyata reses ini memang tidak begitu efisien dan hanya menghamburkan uang saja. Sebab, tidak ada solusi yang bisa kita berikan ke masyarakat,” ujar Umar ditemui di ruangannya, Rabu (15/6).
Politikus PDIP ini menganggap tidak efisien reses karena usulan masyarakat yang diperjuangkan di pembahasan perubahan anggaran atau penetapan anggaran baru, bukan kewenangan wakil rakyat terealisasi atau tidak. Penentunya, ada pada instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.
“Kita hanya sebatas mengusulkan, kalau tidak ada anggaran maka kita hanya menambah dosa karena janji di masyarakat tidak bisa ditepati,” terangnya.
Mantan aktifis ini juga mengaku, reses bisa menjadi senjata makan tuan bagi anggota DPRD. Sebab janji manis yang ditabur di masyarakat hanya akan memberi klaim buruk, yang berdampak pada pemilihan berikutnya.
“Kalau ini terus begini, kita bisa diklaim pembohong sama masyarakat. Untuk itu, saya berharap kegiatan ini diganti atau perlu dihapuskan,” pungkasnya. (m2/b/pas)

Click to comment
To Top