Oknum Polisi Pemilik Senpi Rakitan Resmi Ditahan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Oknum Polisi Pemilik Senpi Rakitan Resmi Ditahan

KENDARI, BKK – Penyidik Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menahan oknum polisi bernama Brigadir Rafiun yang kedapatan menyimpan senjata api (senpi) rakitan lengakap dengan amunisinya.
Selain akan menjalani proses sidang pidana diperadilan umum, Brigadir Rafiun, juga dipastikan akan dihadapkan pada sidang disiplin atau sidang sidang kode etik. Kini pidana umum Brigadir Rafiun ditangani Subdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra.
“Pidana umumnya dulu yang akan diproses, baru kemudian akan dilakukan pendalaman untuk mengetahui apakah yang bersangkutan akan di hadapakan pada pelanggaran disiplin atau kode etik,” ujar Kepala Subbidang (Kasubbid) Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Humas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, Kamis (9/6).

Perwira polisi dengan satu melati di pundak ini menjelaskan, sanksi pelanggaran disiplin itu, berupa teguran, penundaan kenaikan pangkat, mutasi, demosi, dan penundaan kenaikan gaji berkala. Sedang sanksi kode etik di hadapkan pada pemecatan tidak dengan hormat (PTDH).

Diketahui, Brigadir Rafiun yang diketahui bertugas di Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sultra diamankan setelah beberapa petugas Bidang Propam melakukan penggerebekan di rumahnya, di Jalan Martadinata Kelurahan Kambu Kecamatan Poasia Kota Kendari, Senin (6/6) sekitar pukul 16.30 Wita.
Penggerebekan tersebut dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Propam Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agoeng Adi Koerniawan SH. Hasilnya ditemukan pucuk senpi rakitan serupa revolver berikut tiga amunisi, yakni dua  jenis peluru kaliber 38 berwarna kuning emas dan satu peluru berwarna silver. (kas-p4/c/kas)

To Top