Dibuka, Penerimaan Anggota Komisi Informasi Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

Dibuka, Penerimaan Anggota Komisi Informasi Sultra

M Najib Husain

M Najib Husain

KENDARI, BKK – Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tenggara tidak lama lagi terbentuk. Saat ini, tim seleksi membuka pendaftaran bagi mereka yang berminat untuk menjadi anggota KI Sultra untuk masa kerja lima tahun, yaitu 2016-2021.

Ketua Tim Seleksi KI Sultra, Dr Najib Husain mengatakan, pendaftaran calon anggota dimulai 10 Juni hingga 24 Juni. Setelah itu, seluruh berkas yang masuk akan diseleksi dan dilakukan proses tes selanjutnya. Pada tes terakhir, dipilih lima orang sebagai anggota KI Sultra.
“Makanya bagi yang memiliki latar belakang keilmuan informasi, komunikasi, teknologi, dan komunikasi hukum, dan lain-lain diharapkan dapat mendaftarkan diri untuk menjadi calon anggota Komisi Informasi Sultra,” ujar Najib usai melakukan rapat persiapan penerimaan dengan empat anggota tim seleksi di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (9/6) sore.
Hingga saat ini, dari 34 provinsi di Indonesia, sudah 29 KI Provinsi terbentuk. Oleh karena itu, Sultra akan menjadi provinsi ke-30. Dasar hukum pembentukan KI berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Bab VII UU KIP mengamanatkan pembentukan KI yang bertugas menerima, memeriksa, dan memutuskan sengketa informasi publik baik secara mediasi maupun ajudikasi nonligitasi. Selain itu, KI Provinsi bertugas menetapkan kebijakan khusus yang berkaitan dengan standar layanan informasi publik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
Menurut Najib, adanya KI akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh data dan informasi yang selama ini terkadang menjadi kendala bagi yang membutuhkannya seperti mahasiswa, dosen, wartawan, dan lain-lain dari badan publik yudikatif, legislatif, dan eksekutif. “Sehingga nantinya terwujud tata pemerintahan yang baik atau good governance,” jelas Najib sebagai tim seleksi yang mewakili unsur akademisi. Empat anggota tim seleksi lainnya masing-masing Kepala Biro Humas Setda Sultra, Kusnadi, Asisten III Setda Provinsi Sultra, Dr Saemu Alwi, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari, Zainal A Ishaq, dan Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sultra, Kisran Makati.
Seluruh calon, sebut Najib, harus memenuhi syarat, Warga Negara Indonesia (WNI), pas foto 4×6 enam lembar, daftar riwayat hidup, pendidikan minimal SMA, surat keterangan sehat,  tidak pernah dipenjara lima tahun atau lebih, berpengalaman dalam aktivitas badan public, surat izin dari pimpinan, bersedia melepaskan jabatannya dalam badan public, berusia paling rendah 35 tahun, bebas narkoba, tidak sedang berpartai politik atau tidak lagi menjadi anggota parpol minimal 5 tahun terakhir.
“Pendaftaran dikirim ke secretariat panitia di Biro Humas Kantor Gubernur Sultra,” tambah Najib.
Najib menegaskan, seleksi akan dilakukan secara transparan, objektif, serta bebas dari unsur Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). “Terpenting pula kami informasikan bahwa seleksi ini tanpa dipungut biaya apa pun alias gratis,” katanya. (mah)

To Top