Bupati: Saya Tidak Punya Kewenangan Menegur PT WIL – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati: Saya Tidak Punya Kewenangan Menegur PT WIL

OK KOLAKA WIL

‎KOLAKA, BKK– Meski mengetahui telah terjadi dugaan pelanggaran pada aktivitas PT Waja Inti Lestari (WIL) di desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wol‎o, Bupati Kolaka Ahmad Safei mengaku tidak bisa memberikan teguran. Pasalnya, segala hal yang terkait dengan pertambangan sudah ditangani provinsi.

“Sesuai Undang-Undang (UU nomor 23 tahun 2014), kewenangan ditarik di Provinsi,” kata Bupati Kolaka H Ahmad Safei ditanya soal aktivitas pertambangan PT WIL, Kamis (9/6), usai melantik pejabat administrator di aula SMS Berjaya kantor Bupati Kolaka.

Karena itu, Ahmad Safei menegaskan tidak mau bersurat pada PT WIL terkait apa yang dilakukannya di Wolo. Sebab bisa saja suratnya didiamkan atau malah jadi bahan tertawaan.

“Dari pada kita punya surat dicuekin, lebih baik tidak usah bersurat nanti diketawai,” ungkapnya.

Safei juga mengaku selama melakukan aktivitas pengapalan, PT WIL tidak memberikan kontribusi pada pemerintah daerah. Sebab memang tidak ada dasar hukum untuk melakukan penarikan kontribusi.

Ditanya berkaitan adanya Kepala Desa Muara Lapaopao, Tasman yang diangkat sebagai Direktur Cabang PT WIL, Bupati mengungkapkan bahwa itu tidak ada larangan dalam UU, sepanjang masih menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai kepala desa. (cr3/c/aha)

To Top