7 Profesor + 3 Doktor Berebut 01 UHO – Berita Kota Kendari
Pendidikan

7 Profesor + 3 Doktor Berebut 01 UHO

Suasana pemaparan visi-misi bakal calon Rektor UHO Kendari, di Gedung Auditorium UHO Kendari, Kamis (9/6). (Nirwan/BKK)

Suasana pemaparan visi-misi bakal calon Rektor UHO Kendari, di Gedung Auditorium UHO Kendari, Kamis (9/6). (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 10 bakal calon (balon) Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Kamis (9/6), menyampaikan visi-misi di hadapan rektor, pembantu rektor, para dekan fakultas, anggota senat dan lembaga kemahasiswaan dalam rangkaian pemilihan dan penentuan rektor 9 September 2016.

Ke-10 balon terdiri dari tujuh profesor dan tiga doktor, yaitu, Prof Andi Bahrun, Prof Buyung Sarita, Prof La Niampe, Prof La Ode Muh Aslan, Prof La Rianda, Prof La Sara, Prof Nurlansi, Dr Muh Zamrun, Dr Mukhtar, dan Dr Yani Taufik.
Sebelum para calon rektor menyampaikan visi-misi, diawalai sambutan Rektor UHO Kendari Prof Dr Usman Rianse dipusatkan di audiotorium Mokodompit UHO. Dan dari 10 bakal calon yang bersaing merebut kursi nomor satu di UHO satu orang adalah perempuan yakni Prof Dr Nurlansi MSi.
Penyampain visi-misi ke 10 bakal calon rektor periode 2016-2020 itu di bagi dua sesi. Sesi pertama yang dimulai pukul 08.30 Wita hingga 12.00 Wita diikuti lima balon rektor, meliputi, Prof La Niampe, Prof Buyung Sarita, Prof La Ode Muhamad Aslan, Prof La Rianda, dan Prof Andi Bahrun.
Sesi kedua dimulai pukul 13.30 Wita hingga pukul 16.30 Wita, juga diikuti lima balon Rektor, yakni, Dr Sc Muhammad Zamrun F SSi MSi MSc, Dr Ir Yani Taufik MSi, Prof Dr Nurlansi MSi, Prof Dr Ir H La Sara MS, dan Dr Ir Mukhtar,” ungkap Hilaluddin kepada harian Berita Kota Kendari (BKK) Kamis (9/6).
Dalam kegiatan tersebut, setiap calon rektor diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan visi misi kemudian ditanggapi dengan berbagai pertanyaan oleh para undangan yang mewakil dari berbagai unsur yang hadir dalam acara itu.
Sebanyak 117 anggota senat akan melakukan pemilihan rektor pada pekan kedua bulan Juni ini dan dipastikan ada tujuh calon rektor akan tersisihkan, dan hanya tiga calon rektor yang mengantongi suara terbanyak akan direkomendasikan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).
“Dan pada 9 September 2016 menjadi hari penentu siapa pengganti Rektor UHO Prof Usman Rianse yang telah menduduki Rektor selama delapan tahun terakhir,” ujar ketua panitia pemilihan Rektor UHO Prof Hilaluddin Hanafi.
Ia menambahkan, proses penjaringan bakal calon Rektor UHO di mulai sejak bulan april hingga mei 2016 yakni proses pendaftaran nama calon hingga terjaring 10 nama setelah panitia menyeleksi dengan berbaagai persyarakat yang cukup selektif dan transparan.
Sementara itu, Ketua Senat UHO, Dr Ir Aminudin Mane Kandari MSi mengatakan, dari ke-10 balon Rektor merupakan perwakilan jurusan, perwakilan guru besar. “Hal ini dilakukan supaya semua kebagian, dan titik poinya tidak ada lagi,” ujarnya.
“Menurut saya dalam pemaparan visi misi yang dilakukan masing-masing balon, semuanya sangat menarik. Sebab tidak mungkin disampaikan masing-masing balon kalau tidak menarik,” tuturnya. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top