Kasuistika

Tiga Terdakwa Korupsi LPMP Divonis Satu Tahun Penjara

Tiga terdakwa korupsi di LPMP Sultra, yakni Paramita, Aliha, dan La Ngkolu saat menjalani sidang tuntutan pekan lalu. (FOTO:RUDY/BKK)

Tiga terdakwa korupsi di LPMP Sultra, yakni Paramita, Aliha, dan La Ngkolu saat menjalani sidang tuntutan pekan lalu. (FOTO:RUDY/BKK)

KENDARI, BKK – Tiga terdakwa korupsi anggaran pelatihan peningkatan mutu pada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2013 divonis satu tahun penjara. Ketiganya adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) Aliha (43), ketua panitia lelang La Ngkolu (51), dan Kepala Subbagian (Kasubag) Umum LPMP Sultra Paramita (49).
Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa. Dimana, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari, Herlina SH menuntut ketiganya selama 1,5 tahun penjara.
Selain hukuman penjara, majelis hakim juga membebani ketiga terdakwa membayar denda Rp 50 juta, dan bisa diganti dengan hukuman badan (subsider) selama dua belan penjara. Subsider itu juga turun dua bulan dari tuntutan jaksa, yang menginginkan subsider empat bulan penjara.
Demikian putusan majelis hakim yang dipimpin Arwana didampingi Kusdarwanto, dan Irmayanti, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari pada Rabu (8/6). Dalam sidang perkara ini ketiganya didampingi penasihat hukumnya, Arifai SH MH.
“Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Aliha, La Ngkolu (51), dan Paramita dengan hukuman satu tahun penjara,” ujar hakim ketua Arwana.
Mendengar putusan sidang perkara yang dipimpin majelis hakim, para terdakwa bersama penasihat sepakat tidak melakukan uapay hukum banding atau menerima putusan majelis hakim.
Sesuai tuntutan JPU, majelis hakim juga tidak membebankan ketiganya mengembalikan kerugian negara, .karena uang negara yang mereka nikmati selama ini sebesar Rp 290 juta telah dikembalikan. Kini sisa kerugian negara sebesar Rp 182, dan itu akan dibebankan kepada tersangka lain, yaitu Prof Hanna. (p5/b/kas)

To Top