Siswa SD dan SMP Wajib Gunakan Celana/Rok Panjang – Berita Kota Kendari
Beranda

Siswa SD dan SMP Wajib Gunakan Celana/Rok Panjang

seragam-sd-baru

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari kembali mengeluarkan kebijakan baru tentang seragam bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Dikbud Kota Kendari, Makmur SPd MPd, menyampaikan, setiap siswa SMP dan SD wajib mengenakan celana panjang sedangkan siswinya memakai rok panjang.
Saat ditemui di ruangannya, Rabu (8/6), Makmur menjelaskan, kebijakan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 45 tahun 2014 tentang pakaian seragam sekolah bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah.
“Untuk sekolah dasar sifatnya masih imbauan agar diketahui terlebih dahulu oleh teman-teman atau Kepala Sekolah (Kepsek), dan orang tua peserta didik, sehingga seragam sekolahnya dapat disiapkan,” ujarnya.
Ia melanjutkan, peserta didik bentuknya imbauan, tetapi untuk pelajar sifatnya sudah wajib sebab penerapannya sejak tahun lalu. Tiap sekolah wajib untuk mengatur siswa-siswinya ketika bersekolah harus mengenakan celana panjang dan rok panjang.
“Bagi sekolah jenjang SMP mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2016-2017, sedangkan pada tahun lalu kami hanya bersifat mengimbau sekolah khususnya jenjang SMP untuk mengenakan celana panjang dan rok panjang,” paparnya.
Dikatakan, hal ini pihaknya sudah konsultasikan dengan pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari khususnya Komisi III berkait penggunaan celana panjang dan rok panjang bagi siswa SD maupun SMP.
“Untuk sekolah jenjang SMP hampir semua SMP yang ada di Kota Kendari hampir semua menerapkan Permendikbud nomor 45 tahun 2014 ini, kami juga mengimbau kepada pihak sekolah untuk memberikan pengumuman atau informasi terkait penggunaan celana panjang dan rok panjang yang mudah dibaca oleh orang tua siswa,” akunya.
Masih lanjut Makmur, bentuk dan jahitannya seragam celana panjang dan rok panjang ini tidak mengikat, sepanjang berwana biru ataupun sesuai dengan warna sekolah.
Menurut Makmur, sisi manfaat yang didapatkan siswa ketika menggunakan celana panjang dan rok panjang sangat banyak sekali, seperti dari sisi kesehatan bisa mengurangi dari dampak gigitan nyamuk atau hewan lain yang bisa mengganggu aktifitas belajar siswa.
“Selain itu, menurut saya jika dilihat secara estetika anak-anak yang sudah menduduki bangku SMP yang sudah masuk remaja pasti merasa malu menggunakan celana pendek, disisi lain manfaat menggunakan celana panjang dan rok panjang kepada siswa dan siswi baik SD maupun SMP bisa digunakan ketika siswa hendak melakukan shalat dzuhur disekolah,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kendari Mahdin MPd, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi himbauan yang diberikan oleh pihak Dikbud Kota Kendari. Sebab menurut Mahdin, memang sudah semestinya siswa siswi SMP mengenakan celana panjang ketika bersekolah.
“Saya sangat mendukung program ini, untuk itu saya sudah mengimbau teman-teman guru untuk menginformasikan kepada anak-anak bahwa ketika bersekolah wajib menggunakan celana panjang dan rok panjang,” tambahnya.
Mahdin menjelaskan, khusus di SMP 1 Kendari memang sudah 99 persen siswa siswi ketika bersekolah menggunakan rok dan celana panjang. Paling sekitar 2-3 siswa siswi yang masih menggunakan celana pendek disekolah, dan itupun dikarenakan celana panjang mereka basah sehingga mereka terpaksa menggunakan celana lama mereka atau celana pendek.
Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Raktyat Daerah (DPRD) Kota kendari, La Ode Azhar, ditemui terpisah mengatakan sangat sepakat terhadap intruksi Kadikbud. Sebab menurut dia, manfaat yang diperoleh sangat banyak, yang hal tersebut sejalan dengan Perda inisiatif DPRD, yakni Perda Etika Berbusana.
“Saya sangat sepakat dengan usulan tersebut, dan ini perlu didukung pelaksanaannya. Kita juga akan membantu dalam pengawasannya nanti, sebab hal ini juga sejalan dengan Perda kita,” pungkasnya. (m3-m2/c/jie)

Click to comment
To Top