Peserta UNBK Akan Diberi Nilai Plus – Berita Kota Kendari
Beranda

Peserta UNBK Akan Diberi Nilai Plus

Makmur. (Nirwan/BKK)

Makmur. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sekolah yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan diberikan nilai plus terhadap hasil penilaian mereka masuk di jenjang berikutnya.
Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Makmur SPd MPd mengatakan bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang melaksanakan ujian dengan berbasis komputer akan diberikan nilai plus untuk masuk ke jenjang selanjutnya yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya di SMA 1 Kendari dan SMA 4 Kendari.
“Menurut saya SMPN 1 Kendari harus dipahami melaksanakan ujian berbasis komputer, olehnya itu menurut kami upaya ini patut kita hargai dengan memberikan nilai plus kepada siswa siswinya,” ungkap Makmur Rabu (8/6).
Makmur mencontohkan, setalah dilakukan ranking penilaian mereka dengan sekolah-sekolah umum lainnya yang tidak melakukan UNBK misalnya hasilnya tiga, otomatis siswa dari SMPN 1 Kendari akan diberikan poin tambahan. Yang pengaturannya pihak Dikbud Kota Kendari menyerahkan di SMA 1 dan SMA 4 Kendari.
“Sebenarnya kami melakukan ini berdasarkan intruksi dari pemerintah agar sekolah-sekolah bisa melaksanakan ujian berbasis komputer, sehingga tamatannya atau lulusannya bisa diberikan nilai plus sehingga nanti mereka bisa masuk disekolah-sekolah favorit,” paparnya.
Sebab, lanjut Makmur, pelaksanaan ujian berbasis komputer dengan ujian manual sangat berbeda suasananya.
“Untuk jenjang SMA yang hendak masuk di Perguruan Tiggi Negeri (PTN), itu diserahkan kepada perguruan tinggi yang bersangkutan,” jelasnya.
Untuk itu, ucap Makmur, kedepan seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kota Kendari utamanya SMA untuk melaksanakan ujian berbasis komputer ini.
Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Kendari, Mahdin MPd mengatakan menurutnya hal itu sangat positif untuk mendorong sekolah-sekolah melaksanakan ujian berbasis komputer.
“Sebab UNBK ini memang sudah dicanagkan oleh pemerintah pusat, untuk itu kita sekolah-sekolah yang ada didaerah harus berupaya untuk menjalankan program tersebut,” ujarnya.
Menurut Mahdin, jika memang ada nilai plus yang diberikan kepada siswa yang melaksanakan UNBK, maka kedepan respon sekolah untuk melaksanakan UNBK akan bertambah. (m3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top