Pendidikan

Hari Ini, 10 Balon Rektor UHO Adu Visi Misi

Jika tak ada aral, Kamis (9/6) hari ini, 10 bakal calon Rektor UHO Kendari akan menyampaikan visi misi.

Jika tak ada aral, Kamis (9/6) hari ini, 10 bakal calon Rektor UHO Kendari akan menyampaikan visi misi.

KENDARI, BKK – Setelah menggelar rapat tertutup di Ruang Senat Lantai IV Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo (UHO), akhirnya panitia Pemilihan Rektor (Pilrektor) menetapkan nomor urut  Bakal Calon (Balon) Rektor UHO periode 2016-2020.

Ketua Panitia Pilrektor UHO Prof Hilaluddin Hanafi mengatakan, nomor urut diputuskan berdasarkan abjad nama masing-masing balon. Hal ini, kata dia, merupakan kesepakatan anggota senat sebelumnya yang tertuang dalam tata tertib (tatib) persidangan.

“Tadi, semua bakal calon rektor sudah ditetapkan berdasarkan abjad masing-masing. Kami juga sudah mengesahkan kesepuluh pendaftar yang lolos pada pengembalian berkas sebelumnya,” terang Hilaluddin Hanafi usai memimpin rapat tertutup, Rabu (8/6).

Hilaluddin menyebutkan, nomor urut satu menjadi milik Andi Bahrun. Nomor urut dua jatuh pada Buyung Sarita. Nomor urut tiga dan empat masing-masing milik  La Niampe dan La Ode Muhammad Aslan.

Nomor urut lima, milik La Rianda Baka, nomor urut enam jatuh kepada La Sara. Nomor urut tujuh dan delapan masing-masing milik Muhammad Zamrun dan Mukhtar. Sedangkan nomor urut sembilan dan 10 masing-masing milik Nurlansi dan Yani Taufik.

“Semua yang sudah disahkan ini, wajib mengikuti tahapan selanjutnya yang telah dijadwalkan panitia,” ungkapnya.

Hilaluddin mengungkapkan, tahapan selanjutnya akan dilalui oleh para kandidat adalah mengikuti penyampaian visi misi di hadapan anggota senat, hari ini, Kamis (9/6) Di Auditorium Mokodompit UHO. Visi misi yang disampaikan, kata dia, menyangkut pengembangan UHO ke depan, dan komitmen keilmuan mereka.

“Mereka akan paparkan seperti apa visi misinya. Ini akan menjadi penilaian tersendiri dari seluruh anggota senat,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Hilaluddin, penyampaian visi misi akan dibagi dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama yang digelar pagi, akan diikuti oleh lima kandidat.

“Nanti, pada siang hari akan diikuti oleh lima calon,” paparnya.

Berdasarkan data sebelumnya, di Kampus Hijau ini terdapat 175 dosen yang memiliki kualifikasi atau berhak maju bertarung menjadi 01 kampus delapan penjuru arah mata angin ini. Ke-175 orang ini, sudah disurati oleh panitia mengenai kesiapannya mengambil formulir.

“Namun, yang mengambil formulir hanya 32 dosen,” sebutnya.

Dari 32 orang yang ambil formulir, mengerucut menjadi 11 orang. Pada tahap ini, panitia meminta kesiapan para calon yang telah ambil formulir. Namun, hanya 11 orang yang berani maju bertarung.

Pada tahap selanjutnya, pengembalian berkas. Dari 11 calon yang telah mengambil, satu kandidat ditetapkan gugur karena tidak mengembalikan formulir. Kandidat itu adalah Anas Nikoyan.

“Yang tidak kembalikan berkasnya pada waktu yang ditentukan, dinyatakan mengundurkan diri,” katanya.

Selanjutnya, dari 10 nama yang mengikuti visi misi akan dikerucutkan menjadi tiga besar yang ditetapkan sebagai calon rektor. Tiga calon ini, akan dipilih oleh 117 anggota senat secara tertutup.

Yang keluar sebagai pengganti Usman Rianse adalah calon dengan perolehan suara terbanyak. Berdasarkan jadwal, rektor selanjutnya diketahui 13 Juni 2016. (pas/jie)
10 Balon Rektor UHO
Nomor Urut        Nama

1             Andi Bahrun
2             Buyung Sarita
3             La Niampe
4             La Ode Muhammad Aslan
5             La Rianda Baka
6             La Sara
7             Muhammad Zamrun
8             Mukhtar
9             Nurlansi
10             Yani Taufik

To Top