Data Guru Penerima Sertifikasi Divalidasi – Berita Kota Kendari
Beranda

Data Guru Penerima Sertifikasi Divalidasi

KENDARI, BKK – Syarat yang harus dipenuhi para guru untuk pencairan sertifikasi adalah pertama pihak sekolah mengirimkan data para gurunya untu divalidasi Kementerian Pendidikandan Kebudayaan untuk kemudian diterbitkan surat keputusan (SK) tunjangan profesinya.
Hal itu diungkapkan Ketua Pengelola Sertifikasi dan Tunjangan Guru se-Kota Kendari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Amran, kata dia setelah pihak sekolah mengirimkan data gurunya, kemudian dilakukan validasi pertama oleh Kementrian untuk diterbitkan SK tunjangan profesinya.
“Setelah itu kemudian kami tindaklanjuti dengan membuat daftar yang dilengkapi dengan surat pernyataan tanggung jawab individual maupu kolektif dari sekolah, kemudian surat atau daftar nominatif yang dibuat oleh sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah (Kepsek) yang disetujui oleh pengawas,” ungkap Amran, Selasa (7/6).
Kemudian, lanjut Amran, dilakukan verifikasi dari Kepala Sekolah (Kepsek) terkait dengan kebenaran masa kerja, gaji, dan golongan.
“Ini menjadi persyaratan yang kami berikan kepada pihak sekolah, tetapi ada juga beberapa teman guru sudah naik pangkat pada Oktober ataupun berkala di 2015, tetapi pada bulan Januari 2016 gajinya belum disesuaikan maka kami kemudian meminta dokumen-dokumen pendukung untuk memastikan bahwa gaji yang harus diterima oleh guru tersebut berapa,” paparnya.
Inilah, aku Amran, yang kemudian menambah daftar panjang proses verifikasi itu.
“Sebenarnya yang menyebabkan keterlambatan pencairan sertifikasi tersebut tidak semua disebabkan oleh guru. Akan tetapi ada juga yang disebabkan ketika kita sudah terlanjur memproses data ataupun dokumen guru, sebab proses ini harus tetap berjalan tidak bisa ditunda. Karena jika kemudian terpaksa kami harus tinggalkan, maka kami akan tinggalkan yang nantinya akan kami usulkan kembali pada tahap berikutnya,” jelasnya.
Dikatakaannya, pihaknya belum bisa memastikan kapan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dicairkan sertifikasinya, akan tetapi masih dalam proses. Sebab, pekerjaan sertifikasi ini bukanlah pekerjaan Dinas tetapi juga yang terlibat didalamnya adalah bagian keuangan.
“Sehingga untuk memastikan kapan cairnya sertifikasi kami tidak bisa menentukan dan memastikannya, namun kami berharap agar sertifikasi guru ditahap pertama ini bisa cepat dikucurkan,” tambahnya. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top